Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Life Style

Kecanduan Dengan Smartphone, Bahaya Loh!

Oleh : Sonya E. Simamora   

Suara USU, MEDAN. Pasti kamu sering melihat orang disekeliling kamu yang selalu menggunakan smartphonenya berjam-jam atau bahkan menggunakanya full dalam seharian. Eitss, jangan- jangan kebiasaan itu ada dalam diri kamu juga lagi!

Sebenarnya itu baik gak sih? Yuk, dipahami dulu!  

Smartphone yang merupakan olahan dari kemajuan teknologi dan telah melingkupi lapisan kehidupan setiap orang tanpa terkecuali. Berinteraksi melalui dunia maya lebih dominan digunakan daripada secara nyata. Kecanduan smartphone semakin merajalela dan ‘menggila’. Mengintip dimasa pandemi sekarang, dimana dunia daring dianggap solusi terbaik dalam mengatasi kesenjangan sosial dan sebagai media dalam dunia pendidikan untuk mempertahankan eksistensi generasi muda. Melalui sekolah daring diharapkan bisa membantu dalam mencerdaskan anak bangsa. Nah, hal lain lah salah satu faktor peningkatan  kecenderungan smartphone disamping semakin banyaknya fitur-fitur yang menarik dalam aplikasi smartphone.

Kamu tahu tidak jika kecanduan menggunakan smartphone berpengaruh buruk terhadap kesehatan mental psikis dan fisikmu?

Pengaruh buruk smarthone terhadap kesehatan mental psikis

  • Cemas

Bagi kamu yang mengalami kecanduan smartphone akan merasakan kecemasan yang berlebihan saat di jauhkan dengan smartphonemu. Kepanikan, tidak rileks akan menghantui kamu. 

  • Sulit fokus dalam belajar dan bekerja

Tentunya hal ini akan berdampak buruk pada diri sendiri. Prestasi menurun, produktivitas menurun dan harus kehilangan pekerjaan. Sulitnya mengatur waktu karena sudah terlanjur kecanduan membuat pikiran hanya berfokus pada smartphone

  • Sulit bersosial atau kurang empati

Hidup kecanduan smartphone membuat diri kamu kurang berempati terhadap lingkungan sekitar karena sedikitnya waktu kamu untuk memahami orang-orang sekitar, waktu kamu hanya habis di depan layar saja. 

  • Depresi

Menggunakan smartphone pastinya kamu akan membuka media sosial. Media sosial dewasa ini digunakan sebagai ajang mengekspor perhatian kalangan masyarakat untuk mencampai kepopuleran. Faktanya tak sedikit yang hanya memposting dirinya saat sedang bahagia saja bersama teman, pacar maupun keluarga. Ketika situasimu bertolak belakang dengan apa yang kamu lihat di media sosial adalah akar munculnya iri hati, merasa diri sendiri yang paling  buruk sehingga self love tidak ada lagi dan akhirnya  menimbulkan depresi .

Pengaruh buruk smarthone terhadap kesehatan fisik

  •  Mata menjadi tidak sehat

Smartphone yang digunakan dalam waktu relatif lama lambat laun menimbulkan kerusakan fungsi organ mata.  Hal ini disebabkan cahaya layar smartphone kamu yang  berlebihan sehingga  menimbulkan gangguan mata seperti mata kering dan rabun. 

  •  Insomnia

Insomnia yang merupakan tubuh yang susah untuk dianjak beristirahat walaupun sudah waktunya untuk istirahat. Kecanduan smartphone membuat lupa waktu sehingga menjadi kebiasaan yang mendarah daging hingga menimbulkan insomnia. Insomnia tak boleh dianggap rendah, penyakit ini bila tidak segara diatasi bisa berakibat lebih buruk. Penyakit  lain akan bermunculan seperti jantung dan darah tinggi.

  • Otak tergangu

Menganilis secara ilmiah, smartphone yang kamu gunakan memiliki gelombang elektromagnetik dan radiasi yang digunakan tepat di area telinga bila pancarannya besar akan merusak sel-sel otak. Sebab cairan dalam kepala akan mengalami peningkatan suhu dikarenakan pengaruh energi. 

Nah, kamu sekarang sudah paham ya bahayanya kecanduan smartphone. Oleh karena itu jangan keseringan atau bahkan kecanduan. Atur jadwal dan atur radiasi smartphone kamu. Kalo bukan diri kita sendiri yang menjaga kesehatan tubuh kita siapa lagi?    

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Mengenal Tradisi Berbagi Hampers pada Bulan Ramadhan

redaksi

Budaya Thrifting yang Semakin Populer

redaksi

Waspada Academic Burnout!

redaksi