Pembaruan Langsung Kasus COVID-19
SUARA USU
Bedah Jurusan

Jurusan Sosiologi, Belajar Apa dan Kerja Jadi Apa?

Oleh: Siti Fatimah

Banyak orang beranggapan bahwa Sosiologi adalah jurusan yang belajar membaca pikiran seseorang. Hingga tak jarang yang mengira bahwa Sosiologi sama dengan jurusan Psikologi. Walaupun Sosiologi dan Psikologi hampir sama karena sama-sama berobjek pada manusia. Perbedaannya adalah Psikologi mengacu pada pikiran manusia untuk mengetahui alasan dan tindakannya dalam suatu keadaan. Sedangkan Sosiologi mengacu pada pola perilaku manusia dalam suatu kelompok atau masyarakat.

Sosiologi berasal dari kata latin socius yang berarti kawan atau teman, serta kata Yunani yaitu logos yang berarti pengetahuan. Sehingga dapat diartikan bahwa Sosiologi adalah studi persahabatan atau hubungan manusia. Sedangkan dalam KBBI, Sosiologi adalah ilmu pengetahuan atau ilmu tentang sifat dan perkembangan masyarakat, ilmu tentang struktur sosial, proses sosial, dan perubahannya. Sosiologi mempelajari bagaimana orang-orang dalam suatu kelompok berinteraksi satu  sama lain dan bagaimana perilaku seseorang ditentukan dari kelompok sosial.

Bagaimana prospek kerja jurusan Sosiologi?

Sosiologi adalah salah satu jurusan yang peminatnya sedikit. Hal ini dikarenakan banyak dari orang beranggapan bahwa hanya sedikit lapangan kerja yang dimiliki jurusan ini. Tak hanya itu, banyak juga yang beranggapan bahwa lulusan Sosiologi hanya bisa menjadi seorang pengajar. Padahal banyak bidang yang dapat diisi bagi seorang sosiolog, seperti human resource atau personalia, analisis riset pasar, public relation executive, konsultan kebijakan publik, reporter atau wartawan, analisis kebijakan sosial, penelitian  dan akademisi, pengiat gerakan sosial, politisi, dan pengawai pemerintah.

Bagaimana sih cara supaya manusia bisa hidup bersama tanpa adanya perang? Bagaimana kita bisa hidup lebih damai dan bersama-sama meskipun kita beda agama, warna kulit, dan kebangsaan? Kita semua manusia yang punya rasa takut, rasa ingin bahagia, dan rasa koneksi sosial ke orang lain. Sosiologi memberi jawaban dari segala pertanyaan tersebut.

Dengan berbagai kacamatanya, Sosiologi mencoba membongkar puzzle dari apa yang selama ini tersembunyi di masyarakat. Dengan berbagai cara pandang yang ditawarkan, Sosiologi bisa melihat masalah-masalah yang ada di masyarakat dengan lebih jelas. Kita juga belajar lebih menghargai perbedaan yang ada.

Jika Sosiologi tidak pernah ditemukan mungkin dunia akan terasa gelap. Kita tidak pernah mengerti apapun tentang segala keributan yang terjadi di luar sana, dalam situasi itu juga kita tidak bisa berbuat apa-apa.

Nah, jika kamu adalah seseorang yang suka mempelajari tentang fenomena yang ada pada masyarakat, dan ingin menyelesaikan segala persoalan yang ada pada masyarakat, kamu harus mencoba kuliah di jurusan yang satu ini. Karena jurusan ini tak hanya seru, tetapi kamu akan mengenal lebih dekat lingkungan di sekitar kamu!

Redaktur: Yulia Putri Hadi

Related posts

Ilmu Administrasi Bisnis, Kenapa ada di FISIP

redaksi

Selangkah Lebih Dekat Mengenal Sastra Jepang USU!

redaksi

Jurusan Etnomusikologi, Hanya Main Alat Musik?

redaksi