SUARA USU
Kabar Kampus

KEMENSOS PENGMAS PEMA USU Laksanakan Kegiatan Reka Cipta Mengajar

Oleh : Puvut Bethanya Surbakti

Suara USU, Medan. Kementerian Sosial dan Pengabdian Masyarakat PEMA USU melalui kegiatan volunteer Reka Cipta Mengajar sukses laksanakan kegiatan pengabdian masyarakat. Program ini merupakan kegiatan untuk memberikan pembelajaran kepada anak-anak mengenai calistung (baca, tulis, hitung) dan juga di bidang kesenian.

Program Reka Cipta mengajar ini dilaksanakan di SD Negeri 107436, di Desa Rumah Lengo, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada Senin (14/03) sampai hingga (19/03). Kegiatan dilakukan di sekolah ini sebagai aksi peduli terhadap salah satu permasalahan sosial dan pendidikan yang ada di desa Rumah Lengo yaitu masih kurangnya pengetahuan anak-anak SD di sana akan membaca, menghitung, menulis maupun melakukan aktivitas seni.

Kegiatan ini berjalan dengan baik tanpa hambatan mulai dari pembukaan kata sambutan oleh Bapak kepala Kecamatan STM Hulu dan perkenalan dengan anak-anak yang ada di sana, berlangsungnya kegiatan selama 6 hari hingga kegiatan penutupan dan pemberian plakat kepada kepala desa serta perpisahan.

Conny Putri Amanda Siregar, selaku ketua panitia dalam program ini berbagi cerita terkait kondisi di sana dan aktivitas mereka pada program ini. “Adapun kami selama 6 hari berada disini mengajar anak-anak sambil melihat perkembangan mereka dalam hal membaca, menulis, menghitung, dan melakukan aktivitas kesenian serta minat bakat mereka,” jelas Conny.

Meskipun 20 orang mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan ini harus tetap melaksanakan perkuliahan daring sembari mengajar dan harus menginap di tempat, mereka tidak menemukan hambatan saat melaksanakan kegiatan ini.

“Penerimaan adik-adik disana sangat baik dan semangat untuk belajar. Untuk kendala mengenai kegiatan perkuliahan kami atasi dengan membuat jadwal mengajar selama di sana. Jadi, jadwal kuliah bergantian dengan panitia lain yang sedang kosong,” tambahnya

Dalam wawancara ini, Conny juga menyampaikan harapannya atas terlaksananya kegiatan ini dan harapan untuk program ini kedepannya.

“Semoga program ini memberikan manfaat bagi anak-anak desa rumah lengo, menambah pengetahuan, wawasan serta semangat mereka dalam belajar. Semoga dengan program ini motivasi mereka untuk bermimpi lebih tinggi dan memiliki cita-cita yang besar. Semoga dengan program ini, kami pengurus Pema USU dan panitia reka cipta mengajar semakin terlatih, giat dan semangat untuk mau berbagi ilmu dan tenaga serta pikiran kami kepada masalah pendidikan seperti ini. Semoga dengan program ini, semakin banyak orang-orang yang mau melirik dan membantu adik-adik kita di sana. Semoga program ini juga memberikan manfaat bagi masyarakat di sana,” tutup Conny.

Redaktur : Lita Amalia


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Gerak Lambat Pembentukan Satgas PPKS di Lingkungan USU

redaksi

Value Proposition Design, Cara Untuk Membuat Bisnis Model Canvas

redaksi

Mengusung Tema Gratitude, Prayer, and Trust, UP FIB dan Fakultas Vokasi Adakan Kebaktian Kampus I

redaksi