SUARA USU
Kabar Kampus

Kementerian Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan PEMA USU Adakan Pelatihan Pidato Bahasa Inggris

Reporter : Cory Patricia

Suara USU, Medan. Pemerintahan Mahasiswa Universitas Sumatera Utara mengadakan kegiatan pelatihan pidato bahasa inggris lewat ESC3 USU (English Speech Coaching Clinic and Competition). Melalui kementerian pendidikan, penelitian, dan pengembangan, acara ini dilakukan selama tiga pertemuan secara online pada Sabtu 9, 16, dan 23 April 2022. Narasumber yang diundang dalam acara ini adalah Desmery Natalia Tarigan yang merupakan Account Manager of Topremit and The Most Outstanding Student FIB USU 2018. 

Acara dibuka dengan kata sambutan dari anggota kementrian pendidikan, penelitian, dan pengembangan PEMA USU, Dodi Agung, kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan dari ketua panitia acara, Liestiani Paulina. Pada pertemuan pertama ini, tema yang diusung adalah “Principle analysis about speech (Part of Speech) and Manner, Matter, & Method”. 

Pada materi yang dibawakan, Desmery selaku narasumber menjelaskan bahwa ada tiga hal yang harus dilakukan agar tercipta pidato bahasa inggris yang efektif, yakni pembukaan yang menarik, isi dan materi yang kaya akan informasi, serta penutup yang jelas. Desmery menjabarkan ketiga hal ini dengan detail.

Pertama pembukaan pidato yang menciptakan opening menjadi lebih efektif & menarik adalah salam pembuka, pengenalan diri yang singkat, dan pengenalan isi materi. Pengenalan materi ini berupa fakta singkat dan pertanyaan dari isi pidato yang akan dibawakan. Desmery memberikan tips agar pertanyaan & fakta yang diberi adalah hal yang sedang hangat dibicarakan, masalah yang sedang terjadi dan sangat krusial, tapi harus tetap relevan dengan isi pidato yang akan disampaikan. 

“Jadi gini teman-teman, ya namanya kayak attractive opening line jadi hanya ada di opening aja gitu kan, it’s okay for us untuk kasih question yang paling crucial. questions yang menjadi buah bibir banyak orang. kalo bahasa anak sekarang ya yang paling damage gitu ya. What’s the most important question yang bakalan kamu jawab di dalam pidato kamu”, papar alumni sastra inggris USU ini.

Kedua yaitu isi materi, yang cukup penting untuk dijelaskan adalah latar belakang dan konten dari isu yang akan dibawakan. Menurut Desmery, pidato yang menarik adalah pidato yang mengangkat isu-isu yang masih relevan dengan masa sekarang. Desmery juga menekankan bahwa latar belakang dalam pidato tidak perlu panjang, cukup dibawakan dengan singkat namun jelas. Sedangkan untuk isi konten, harus dijabarkan dengan detail dan mendalam.

Materi terakhir yang dijabarkan adalah kata penutup dalam pidato. Isi kata penutup pidato yang efektif adalah meringkas isi pidato dan mereview kembali materi pidato dengan singkat & jelas. Dalam meringkas isi pidato, Desmery menekankan untuk hanya summarize the whole big point. Sedangkan untuk mereview, diharuskan untuk mereview keseluruhan isi pidato agar audience mengingat kembali materi-materi yang telah dibahas.

“untuk summary ini, kamu gak perlu summarize semuanya, cukup ambil poin-poin yang paling penting saja untuk dijadikan summarize. Lalu ingatkan kembali nih si juri tentang hal-hal yang udah kamu sampaikan. Remind lagi si juri, bawa mereka ke point penting yang ada di awal, tengah, sama di akhir pidato,” tutup Desmery.

Acara ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, permainan ice breaking yang diberikan oleh mc, kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama para peserta acara untuk dijadikan hasil dokumentasi kegiatan.

Redaktur : Fitri Dian Jannah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

KBSI Adakan Webinar, Angkat Pentingnya Pengorbanan untuk Tingkatkan Efektivitas Dalam Berorganisasi

redaksi

Atlet Muay Thai Asal Medan Ini ‘Membangun Jembatan’ Antara Keberuntungan dan Kerja Keras

redaksi

Dihadiri Lebih dari 350 Peserta, Google I/O Extended Medan 2023 Hadir di USU

redaksi