SUARA USU
Life Style

Kerja Tahun, Tradisi Turun-Temurun Masyarakat Karo

Oleh : Niken Oxana Br Panjaitan/Theodorin Carolin Br Ginting

Suara USU, Medan. Indonesia merupakan negara yang terkenal akan ragam budayanya, termasuk tradisi adat yang dilaksanakan secara turun-temurun. Salah satu contohnya adalah tradisi yang dilaksanakan oleh masyarakat Karo yang biasa disebut “Kerja Tahun” atau dalam bahasa Karo “Merdang Merdem”.
Sesuai dengan namanya, kerja tahun merupakan tradisi rutin yang diadakan masyarakat Karo setiap tahunnya, sehingga kegiatan ini sangat dinanti-nanti oleh masyarakat setempat.

Kegiatan tahunan ini merupakan acara yang melambangkan ucapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa atas hasil panen melimpah yang didapat selama satu tahun terakhir.

Meski kegiatan tahunan ini dilaksanakan disetiap desa di Kabupaten Karo, tetapi tanggal pelaksanaan acara Kerja Tahun ini biasanya berbeda-beda setiap daerahnya.

Umumnya, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari. Hari pertama disebut motong, yang artinya mempersiapkan segala bentuk makanan yang akan disajikan untuk kerabat yang datang berkunjung. Sedangkan hari kedua disebut kipan/cipan, yang artinya makan/makan-makan. Namun, di beberapa daerah kegiatan ini dilaksanakan lebih dari 2 hari.

Berbicara soal makanan yang disajikan, lemang dan cimpa merupakan makanan khas yang biasanya wajib ada di setiap rumah-rumah yang sedang melaksanakan kegiatan ini. Disamping itu, makanan-makanan enak lainnya juga disediakan oleh pada pemilik rumah, seperti sup, panggang, dan berbagai olahan daging lainnya.

Acara ini juga dimeriahkan dengan gendang guro-guro aron yang dilaksanakan di los (gedung serbaguna/balai tempat perayaan pesta). Pada kegiatan ini, biasanya pemuda-pemudi setempat melakukan tari tradisional secara berpasang-pasangan.
Serupa dengan tradisi Lebaran dan Tahun Baru, saat Kerja Tahun setiap keluarga dan kerabat dekat maupun jauh akan datang berkunjung untuk bersilaturahmi. Dan saat berkunjung, makan merupakan hal yang wajib dilakukan.

Redaktur : Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Boros Berkedok Self Care, Berikut Cara Mengatasinya

redaksi

Hati-hati Donasi Rawan Dikorupsi

redaksi

Mengenal Berbagai Macam Lifestyle, Manakah yang Cocok Untukmu?

redaksi