SUARA USU
Kabar Kampus

Mahasiswa USU Panen Gelar Juara di Hocreation Universitas Palangkaraya

Oleh: Nyangono Belinga Isabelle

Suara USU, Medan. Mahasiswa USU berhasil meraih 4 gelar juara pada kompetisi Hocreation Universitas Palangkaraya. Pada kategori Pencak Silat tunggal putra, Fauzan Amri berhasil memenangkan juara 1, dan di kategori poster ilmiah Cindy Shafira Putri berhasil meraih juara ketiga.

Dari perlombaan kelompok, Ugal band dari USU berhasil meraih juara ketiga untuk kategori lomba cover lagu nasional. Dan Springdale tim yang juga berasal dari USU sukses memboyong juara harapan untuk kategori lomba tari kreasi.

Kompetisi ini sendiri mengusung tema “Manunggal Milenial dan Teknologi untuk memajukan Indonesia yang berdikari di berbagai bidang pada Era Society 5.0” yang dilaksanakan pada tanggal 1 November – 15 Desember 2021.

Kepada kru Suara USU, Cindy yang berasal dari Ilmu Keperawatan stambuk 2020 menjelaskan tentang itu apa itu Hocreation UPR secara singkat.

“Jadi Hocreation UPR itu merupakan perlombaan nasional yang diadakan oleh Universitas Palangkaraya. Jenis perlombaan yang dilombakan ada Poster Ilmiah, Cover Lagu, Tari Kreasi, Pencak Silat, Essay Ilmiah dan lain-lain juga bisa cek di ig @hocreation.upr untuk lebih jelasnya,” jelas Cindy.

Fauzan Amri dari Teknik Kimia 2019 juga  turut menceritakan pengalamannya. Fauzan menjelaskan, pada awalnyadia mengikuti perlombaan tersebut karena ia bergabung dengan UKM Pencak Silat dan sudah aktif latihan.

Kemudian Fauzan diarahkan untuk mencari event virtual yang bisa diikuti dan akhirnya berdiskusi dengan pelatih dan pembinanya. Fauzan juga menjelaskan sistem perlombaannya membuat vidio lalu dikumpulkan dan penilaian dilakukan melalui livestreaming.

“Saya ikut aktif di Pencak Silat dari SD dan Alhamdulillah sering menang baik event dari perguruan ataupun event resmi dari Kabupaten dan Kota,” ungkap Fauzan.

Fauzan juga menuturkan bahwa pada awalnya ia tak menyangka bisa memenangi lomba kali ini. Karena baginya ini merupakan pengalaman pertama mengikuti lomba virtual.

“Kalau sewaktu sekarang jujur saya ga kepikiran bisa juara, karena baru pertama kali ikut lomba daring gini, jadinya seneng bisa turut bawa nama USU dibidang Olahraga khususnya pencak silat,” tutur Fauzan.

Fauzan juga turut membagikan “rahasia-nya” agar mahasiswa lain juga bisa turut berprestasi sepertinya. Mendengarkan arahan pelatih dan berdoa adalah kunci kemenangan bagi seorang Fauzan.

“Untuk bisa menang yang pertama banyak berdoa lalu latihan yang cukup dan ikuti arahan dari pelatih, pelajari sistem penilaian panitia menurut saya itu udah cukup agar menang,” jelas Fauzan.

Cindy sendiri, yang mengikuti kategori poster ilmiah mengatakan tahapan-tahapan pada lomba Poster Ilmiah yaitu pengiriman berkas setelah itu dipilih 10 besar yang lolos.

“Nah 10 Poster itu nanti akan di upload di Instagram  Hocreation UPR untuk mencari pemenang favorit berdasarkan jumlah like terbanyak, dan untuk juara 1, 2, dan 3 itu keputusan Juri,” ungkap Cindy.

Untuk kendala pada saat proses pengerjaan Poster Ilmiah Cindy mengaku bahwa ia tidak mengalami kendala berarti selama mengikuti lomba

“Saya ngerjainnya itu sambilan di waktu luang, jadi alhamdulillah saya ngga ada kendala karena kan Poster Ilmiah Digital gitu kan, nah karena setiap saat megang handphone jadi dimana waktu lagi kosong disitu sambil ngelanjutin editannya,” jelas Cindy.

Cindy dan Fauzan sama-sama berharap agar kedepan mahasiswa USU dapat  mencoba lebih produktif di masa pandemi dan memperbanyak kegiatan positif agar lebih mampu untuk memanage waktu sendiri, dan coba untuk memulai sesuatu yang baru untuk mengawali kesuksesan.

Redaktur: Muhammad Fadhlan Amri


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

APM Medan Sukses Gelar Nonton Bareng “KINIPAN”

redaksi

Bersiap Adakan Perkuliahan Tatap Muka, USU Adakan Vaksinasi Serentak

redaksi

Pelantikan Badan Pengurus Harian HIMAS USU, Ini Harapan Wakil Dekan II Kehutanan USU

redaksi