Oleh: Divina Marsya Azzahra
Suara USU, Medan. Ekonomi kreatif bukan hanya sekadar tren, tetapi ekonomi kreatif adalah sebuah paradigma ekonomi yang menempatkan kreativitas, inovasi, dan ekspresi sebagai kekuatan utama dalam menciptakan nilai ekonomi. Tidak hanya pada produksi barang dan jasa konvensional, ekonomi kreatif melibatkan sektor-sektor, seperti seni, desain, fashion, media, dan teknologi kreatif.
Salah satu ciri khas ekonomi kreatif adalah penekanan pada peran sentral kreativitas sebagai sumber daya utama. Ide dan kosep konsep inovatif menjadi mata uang utama dalam ekonomi ini. Seniman, desainer, dan individu kreatif lainnya menjadi penggerak utama pertumbuhan ekonomi, mengubah inspirasi menjadi produk atau layanan yang bernilai tinggi.
Ekonomi kreatif juga memberikan perhatian khusus pada nilai budaya. Seni, desain, dan kreativitas lainnya tidak hanya dianggap sebagai produk komersial, tetapi juga sebagai bentuk ekspresi nilai-nilai budaya yang mempromosikan keberagaman budaya dan menghargai warisan lokal, menjadikan ekonomi kreatif sebagai kekuatan yang memperkaya identitas kultural suatu masyarakat.
Meski ekonomi kreatif menjanjikan inovasi dan peluang baru, tetap dibutuhkan infrastruktur yang mendukung, pendidikan kreatif yang kuat, dan perlindungan hak kekayaan intelektual untuk dapat mendukung pertumbuhan sektor ini. Pemerintah, lembaga pendidikan, dan sektor swasta perlu bekerja bersama untuk menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan ekonomi kreatif.
Dalam rangka memastikan kelangsungan ekonomi kreatif di Indonesia, sinergi antara pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat juga sangat penting. Di tengah ekosistem ekonomi kreatif, pemerintah Indonesia memainkan peran kunci dalam memberikan landasan dan dukungan bagi pertumbuhan sektor ini. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah meluncurkan berbagai kebijakan dan program untuk memberdayakan pelaku ekonomi kreatif yang mencakup insentif pajak, pelatihan, dan pembiayaan untuk mendukung pengembangan usaha kreatif.
Dalam industri kreatif, teknologi memainkan peran penting dalam keberlanjutan ekonomi kreatif. Platform digital, media sosial, dan teknologi lainnya akan membuka pintu bagi para pelaku industri kreatif untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Ini tidak hanya menciptakan peluang bisnis baru tetapi juga memberdayakan individu kreatif untuk mendistribusikan karya mereka secara global.
Dengan pendekatan yang bijaksana, ekonomi kreatif dan teknologi dapat membentuk masa depan yang penuh kreativitas, inklusivitas, dan berkelanjutan. Bukan hanya sekadar menghasilkan produk atau layanan, tapi juga mampu menggali potensi kreatif individu dan masyarakat secara keseluruhan.
Redaktur: Anggie Syahdina Fitri
Discover more from SUARA USU
Subscribe to get the latest posts to your email.