SUARA USU
Musik

Mengenal Lebih Jauh Musik City Pop

Sumber foto : freepik.com

Oleh: Tiara Gracia

Suara USU, Medan. City Pop merupakan salah satu jenis musik yang tengah digemari anak muda saat ini. Musik City Pop sendiri sebenarnya mulai  dikenal di era 1970-an dan mencapai puncak kejayaannya di era 1980-an. Musik ini dulunya sangat disukai di Jepang karena lagu-lagu bergenre City Pop dirasa mampu menggambarkan kehidupan perkotaan, di wilayah metropolitan Jepang saat itu.

City Pop sendiri bermula dari puncak kejayaan ekonomi Jepang pada 1980-an. Saat itu, kota-kota besar di Jepang mengalami modernisasi. Mulai dari pembangunan gedung-gedung pencakar langit, hingga fasilitas transportasi umum. Dari sinilah akhirnya ekonomi Jepang terus melejit dan teknologi Jepang pun turut berkembang. Perkembangan teknologi tersebutlah yang akhirnya membuat para musisi Jepang mengeksplorasi musik lebih luas.

Seiring eksplorasi musik yang dilakukan oleh para musisi saat itu, mereka mulai menciptakan lagu Pop dengan hentakan musik yang up beat dan tak lupa menambahkan nuansa elektronis, yang menggambarkan pesatnya industri Jepang masa itu.

Di Indonesia sendiri, dulunya musik City Pop juga cukup digandrungi. Namun, istilah yang digunakan bukanlah City Pop, melainkan musik diskotik klasik. Musik City Pop di Indonesia kembali bersinar di awal 2018. Beberapa musik City Pop Indonesia yang saat ini bisa didengarkan antara lain, Serenata Jiwa Lara-Dian Sastrowardoyo feat Diskoria, Mutual-Aya Anjani, dan Dunia yang Ternoda-Vira Talisa.

Redaktur: Azka Zere Erlthor


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kami Khawatir, Kawan : Kita Lewati Bukan Melarikan Diri

redaksi

Love Song But Not A Love Song By Dept

redaksi

Lagu Vienna Karya Billy Joel, Berikan Pesan untuk Si Ambisius

redaksi