SUARA USU
Buku

Menikmati Keresahan dan Keindahan Sederhana dalam “Hap! Puisi Milik Semua” 

Oleh: Heflin Laurensia D.

Suara USU, Medan. Andi Gunawan merupakan salah satu penyair ternama Indonesia yang karya-karyanya selalu dinanti oleh para penikmat sastra tanah air. Dalam kumpulan puisinya yang telah berumur 10 tahun berjudul “Hap! Puisi Milik Semua”, Andi Gunawan sekali lagi membuktikan kepiawaiannya dalam merangkai kata menjadi untaian puisi yang indah sekaligus menyentuh hati para pembacanya.

Kau Patahkan hatiku berkali-kali

Dan aku tak mengapa

Hatiku ekor cicak.

Buku ini berisi curahan keresahan-keresahan Andi Gunawan tentang berbagai hal dalam kehidupan, utamanya mengenai cinta. Sajak-sajak dalam “Hap! Puisi MIlik Semua” ditulis dengan bahasa yang tidak rumit, sarat dengan kegelisahan yang malu-malu, ungkapan cinta yang manis, serta humor yang memadai. 

Seperti judulnya, “Hap! Puisi Milik Semua” hadir sebagai kumpulan puisi yang terbuka untuk dinikmati oleh semua kalangan, baik penikmat sastra maupun masyarakat awam. Andi Gunawan mahir menggunakan gaya bahasa yang sederhana namun tetap mampu menyampaikan makna dan pesan yang mendalam pada setiap bait puisinya.  

Dalam buku ini, Andi mencurahkan pengamatannya tentang kehidupan sehari-hari dan hal-hal sederhana yang seringkali luput dari perhatian kita. Namun, lewat kepiawaian memilih diksi yang tepat, ia mampu memvisualisasikan gambaran dan membangunkan imajinasi pembaca untuk merenungi keindahan dari setiap momen yang terjadi di sekitar kita.

Salah satu keunikan dari “Hap! Puisi Milik Semua” adalah kemampuannya mengangkat hal-hal dan pengalaman sederhana menjadi sesuatu yang begitu bermakna dan menyentuh hati. Lewat sudut pandangnya yang khas, Andi membuat kita menyadari bahwa kebahagiaan sejati justru bisa ditemukan dari hal-hal kecil yang sering kali diabaikan dalam kebisingan keseharian.

“Puisi milik semua,” demikian pesan Andi dalam bukunya. Sebuah keyakinan bahwa siapapun bisa menikmati dan menemukan makna tersembunyi dalam setiap untaian puisi, terlepas dari latar belakang pembacanya. Untuk itu, Andi bersama Aan Mansyur, editor yang mengurasi buku puisi ini, mengajak kita membaca “Hap! Puisi Milik Semua” dan menemukan sendiri hal-hal yang kita cari melalui karyanya yang sarat keresahan namun juga keindahan.  

Buku ini pantas menjadi bacaan bagi siapa saja, terutama bagi mereka yang merindukan sentuhan puisi yang mampu menghangatkan hati di kala resah melanda. Melalui “Hap! Puisi untuk Semua”, Andi Gunawan kembali mengukuhkan posisinya sebagai salah satu penyair kontemporer Indonesia  yang sangat dihargai dan mengagumkan. Nikmati kemolekan bait dalam buku ini untuk membuat hidup kita lebih berwarna dan bermakna.

Temukan maknanya untukmu!

Redaktur: Feby Simarmata

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Hello Cello, Kisah Romansa Perkuliahan yang Cocok Temani Libur Semestermu!

redaksi

Intip Kisah dan Cerita Perjalanan Haji Tahun 1938 Lewat Novel Rindu

redaksi

Lika-Liku Lynora dalam Buku Beyond Expectations: Justice In Shadows

redaksi