SUARA USU
Kuliner

Pelleng, Nasi Kuning Khas Suku Pakpak

 

Oleh: Cristie  Br. Angkat

Suara USU, Medan. Berbicara mengenai makanan tradisional tidak akan ada habisnya dan tidak ada bosannya, semua masyarakat memiliki selera yang berbeda-beda. Makanan tradisional yang dimiliki setiap suku  memiliki cara dan bahan yang berbeda-beda. Salah satunya Pelleng. Pelleng merupakan makanan khas suku Pakpak yang ada di Kabupaten Dairi. Makanan khas suku Pakpak ini biasanya dibuat pada saat-saat tertentu, seperti pada saat ingin melaksanakan ujian, mencari kerja, pergi merantau, hendak meminang dan banyak moment-moment penting lainnya.

Pada masa lampau, Pelleng merupakan makanan bagi mereka yang hendak berangkat berperang,. Sebelum berangkat ke medan perang, mereka disuguhkan terlebih dahulu Pelleng yang bertujuan untuk menambah semangat dan keberanian

Makanan Pelleng memiliki ciri khas nasi yang lunak berwarna kuning, dan juga rasanya yang pedas. Penyajian Pelleng biasanya dipadukan dengan Tektek, yaitu ayam yang dimasak dan diberikan bumbu. Biasanya dalam penyajian daging ayam tersebut dicincang dan diletakkan diatas Nasi Pelleng sebagai topping.

Pengolahannya sendiri yaitu beras dimasak layaknya memasak nasi tapi dikondisi lebih lunak, Pada saat nasi sudah masak masukkan kuah gulai dan perasan asam cikala. Bumbu tersebut terdiri dari cabai, kunyit, jahe, bawang merah dan bawang putih yang telah dihaluskan, serai dan daun salam. Semua bumbu ini ditumis beserta air asam cikala yang sudah disaring, kemudian diberi garam secukupnya. Setelah tumisan dan air cikala matang, maka kemudian dicampur dengan nasi yang telah ditanak tadi hingga semua bumbunya bercampur secara merata. Setelah itu barulah dapat disebut Pelleng.

Bagi masyarakat suku Pakpak, Pelleng  terdiri dari 5 macam, yaitu Pelleng Kelasen, Pelleng Simsim, Pelleng Boang, Pelleng Kepas dan Pelleng Pegagan.

Redaktur: Zukhrina Az Zukhruf


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Berjualan saat Bulan Ramadhan Jadi Peluang Cuan Bagi Mahasiswa USU

redaksi

Menu Makan Siang Andalan Mahasiswa USU: Ayam Geprek vs Nasi Padang

redaksi

Biji Hitam: Coffee Shop Dengan Suasana Asri Pilihan Tempat Ngobrol Kamu

redaksi