SUARA USU
Kabar Kampus

PEMA USU Buka Penggalangan Dana Untuk Korban Gempa Pasaman Barat

Reporter : Puvut Bethanya Surbakti

Suara USU, Medan. Pemerintahan Mahasiswa (PEMA) Universitas Sumatera Utara melalui Departemen Sosial dan Pengabdian Masyarakat, mengadakan kegiatan Aksi Galang Dana Peduli Pasaman Barat. Donasi yang dilaksanakan dari tanggal 1 hingga 8 maret ini ditujukan bagi masyarakat yang terdampak gempa Pasaman Barat.

Marta Rotua Silaban, selaku Menteri Sosial dan pengabdian masyarakat PEMA USU, mengatakan bahwa tujuan penggalangan dana ini digunakan untuk membantu masyarakat yang terkena dampak gempa, terutama korban yang mengalami kerusakan rumah dan harus mengungsi.

“Jadi, galang dana ini kami buat sebagai aksi peduli kami terhadap saudara kita yang terdampak gempa Pasaman Barat. Seperti yang kita tahu, bahwa sebanyak 14.000 warga Pasaman barat yang masih mengungsi akibat kerusakan rumah beserta barang-barang lain yang mereka punya. Oleh karena itu, kami mengharapkan semoga dengan dana yang telah terkumpul dari galang dana ini nanti dapat meringankan beban dari saudara kita disana,” jelas Marta.

Lebih lanjut, Marta menjelaskan bahwa pengumpulan donasi ini juga melibatkan organisasi mahasiswa lainnya dan dilakukan secara online maupun penggalangan dana langsung ke lapangan.

“Jadi untuk kegiatan galang dana ini kami dari PEMA USU juga mengajak ormawa lain seperti PEMA sekawasan, himpunan-himpunan, UKM, ikatan mahasiswa dan lainnya untuk kolaborasi dalam hal penyebaran flyer open donasi maupun terjun langsung ke jalan melakukan galang dana. Galang dana ini telah berlangsung selama dua kali di dua titik yaitu simpang Gajah Mada dan simpang Setia Budi. Untuk jamnya sekitar 17.30 sampai 18.30,” tutur Marta.

Setelah donasi berhasil dikumpulkan, Marta mengatakan akan memberikan donasi dalam bentuk uang dan sembako yang kemudian akan disalurkan melalui Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

“Untuk dana ini tentunya akan diserahkan kepada masyarakat disana dan kami PEMA USU bekerjasama dengan ACT sebagai perwakilan untuk menyalurkan atau menyerahkan hasil dari galang dana ini ke masyarakat disana dan untuk penyerahannya mungkin akan kami lakukan di Minggu ini. Karena memang kami masih membuka open donasi sampai sekarang dan kemungkinan akan ada galang dana langsung berikutnya. Untuk penyerahannya pastinya nanti kami bakal berkoordinasi lagi dengan pihak ACT nya juga,” tambahnya.

Pada kegiatan ini, Marta juga berharap seluruh mahasiswa USU dapat terlibat dalam penggalangan dana ini sehingga bisa memberikan manfaat dan membantu masyarakat terdampak gempa.

“Kepada seluruh mahasiswa USU,  mari berdonasi bersama kami untuk meringankan beban saudara kita yang menjadi korban musibah bencana gempa bumi di Pasaman Barat. Satu rupiah dari kawan-kawan semua pasti sangatlah berharga untuk mereka. Terimakasih dan salam sehat dari kami,” tutupnya.

Mari kita ulurkan tangan untuk saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa Pasaman Barat dengan berdonasi melalui:

BCA: 8205290849 a/n Ruth Davina Tarigan

BRI: 5308-01-013693-53-0 a/n Marta Rotua Silaban

BNI: 1297043708 a/n Gabryella Tampubolon

OVO/DANA: 081375832971 a/n Marta Rotua Silaban

Titik pengumpulan sembako : Sekretariat Taktis PEMA USU

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor yang ada dibawah ini:

081375832971 (Marta)

082362331500 (Ruth)

Untuk teman-teman yang ingin berdonasi bisa melalui nomor rekening di atas dan donasi dibuka hingga Minggu ini.

Redaktur : Lita Amalia

Related posts

Kementerian Pemberdayaan Perempuan PEMA USU Sukses Gelar Webinar World Mental Health Day

redaksi

Mantan Rektor USU 3 Periode, Prof Chairuddin Meninggal Dunia

redaksi

Kedai Sumatra X Dimensi Literasi : Antara Kopi, Diskusi Dan Literasi

suarausu