SUARA USU
Kabar Kampus

Peringati Hari Lingkungan Hidup, KOMPAS USU Turut Serta dalam Kegiatan Aksi Bersih Sungai Babura

Reporter: Niara Simarmata

Suara USU, Medan. KOMPAS USU turut serta dalam kegiatan aksi bersih Sungai Babura yang diadakan oleh siswa-siswi SDS IT Siti Hajar pada Rabu, (1/6) lalu. Kegiatan ini dilakukan bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila dan menyambut peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada Minggu, (5/6).

Kegiatan aksi ini dimulai sejak pagi hingga siang hari. Beberapa kegiatan yang dilakukan yaitu kutip sampah sungai, larung ekoenzim, dan tabur benih ikan. Pembukaan kegiatan dilakukan di Taman Beringin dan ditutup di Kampung Sejahtera. Sedangkan, kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dimulai dengan pembukaan, pelepasan benih ikan, larung ekoenzim, aksi bersih sungai baik dari jalur darat maupun air menggunakan perahu karet, games, pembacaan dongeng, dan penutupan.

SDS IT Siti Hajar menggandeng KOMPAS USU selaku organisasi kepetualangan yang juga berperan aktif dalam kegiatan lingkungan hidup untuk turut serta dalam aksi bersih Sungai Babura sekaligus sebagai tim rescue untuk pengumpulan sampah dengan susur sungai.

KOMPAS USU juga ikut dalam pelepasan bibit ikan, larung ekoenzim, pengumpulan sampah melalui susur sungai maupun mengutip sampah dari darat. Titik awal kegiatan yaitu di Taman Beringin. Tim susur sungai menyusuri sampah sepanjang sungai dengan perahu sampai di Kampung Sejahtera dan Tim darat mengumpulkan sampah disepanjang jalan sampai Kampung Sejahtera. KOMPAS USU turut serta di tim susur sungai dan darat. Tahap terakhir yaitu penimbangan sampah yang sudah dikumpulkan dan terdapat 269 kg sampah yang sudah dikumpulkan.

Dalam sambutannya, Rahmad Martuah selaku penanggung jawab kegiatan menuturkan, “bertepatan dengan momen Hari Lahir Pancasila dan menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia, kita memanfaatkan momen ini untuk aksi nyata bukan hanya sekedar teori agar anak-anak memiliki tanggung jawab kepada lingkungan.” Ucapnya.

Dengan adanya kegiatan aksi bersih Sungai Babura ini menjadi bukti aksi nyata dari siswa-siswi SDS IT Siti Hajar dalam menjaga lingkungan. Kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan sejak dini.

KOMPAS USU juga turut senang dalam kegiatan ini karena tidak hanya melibatkan siswa-siswi saja melainkan juga orang tua siswa-siswi SDS IT Siti Hajar. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kesadaran untuk menjaga lingkungan dari berbagai usia.

Ketua Umum KOMPAS USU, Adelia berterimakasih kepada penanggung jawab kegiatan ini karena telah mengundang KOMPAS USU untuk berpartisipasi di kegiatan ini.

Adelia tak lupa memberi apresiasi pada siswa-siswa SDS IT Siti Hajar, “Apresiasi buat adik adik yang ikut berpartisipasi menjaga bumi. Tetap semangat! Karena lingkungan yang sehat investasi seluruh umat, KOMPAS USU dan SDS IT Siti Hajar sudah mempunyai tujuan mulia yang sama semoga tetap bisa bersinergitas bareng-bareng” tuturnya.

Redaktur : Valeshia Trevana

Related posts

Gelar Seleksi Panitia, KEMENDAGRI PEMA USU Perjuangkan PKKMB Offline

redaksi

Perwakilan USU Raih Juara I Lomba Essay FKIP EDUCATION EXPO 2021

redaksi

Peran Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid 19

redaksi