SUARA USU
Entertaiment Musik

Perjalanan dan Kehidupan menjadi Dewasa dalam Lagu Streetcar

Streetcar - Suara USU
Streetcar - Suara USU

Oleh: Aisyah Lubis/Khairani

Suara USU, Medan. Daniel Caesar meluncurkan albumnya yang berjudul “Pilgrims Paradise” pada tahun 2015 silam. Salah satu lagu yang berada di album ini adalah “Streetcar” yang merupakan cover dari lagu “Street light” milik Kanye West dari album 808’s & Heartbreak.

Ashton Dumar Norwill Simmonds atau kerap dipanggil Daniel Caesar merupakan seorang penyanyi yang memulai debutnya pada tahun 2017. Penyanyi kelahiran 1995 di Kanada ini memiliki genre musik R&B. Saat ini, ia sudah memiliki beberapa single yang hits seperti Best Part, Get You, Japanese Denim, Always dan yang lainnya.

Album Pilgrims Paradise ini memiliki 7 lagu di dalamnya yang menggambarkan kelanjutan cerita yang Daniel Caesar tinggalkan, tentang hubungan dan keinginan, aspirasi, dan harga dirinya. Lagu ini menceritakan tentang perjuangan dan kesulitan yang kita alami dalam perjalanan hidup kita.

Sejak dari penggalan awal, lagu ini telah menampilkan lirik yang sangat bermakna.

Do I still got time to grow?

Penggalan bagian lirik ini memaknai mereka yang  bertanya-tanya, mengapa hidup mereka hanya stuck di tempat saja tanpa bertumbuh lagi?

All these street lights, glowing, happen to be

Just like moments passing in front of me
So I hopped in the cab and I paid my fare
See I know my destination, I’m just not there

In these streets

Sementara itu, pada penggalan lirik di atas menggambarkan waktu terasa seperti lampu-lampu jalanan yang berlalu begitu saja tanpa tujuan yang jelas, sekadar dijalani tanpa terlihat gambaran jelasnya seperti apa. Padahal mereka sudah berusaha keras namun kenapa rasanya tidak pernah sampai pada destinasi yang mereka inginkan?

The good Lord gives

The good Lord taketh away

That’s how it goes

Don’t go live your life in vain

Outro sebagai penutup lagu Streetcar ini pun menjadi jawaban atas semua kegundahan hatinya sepanjang lagu ini, Daniel sadar kalau segala hal di dunia ini sudah Tuhan yang atur dan Tuhan yang memegang kendali dalam hidup kita. Oleh karena itu, kita harus menjalani hidup dengan sebaik-baiknya tanpa menyia-nyiakan apapun yang sudah Tuhan berikan.

Because that’s how it goes, he said.

Nah gimana nih, Sobat Suara USU? Lagu ini sangat relevan untuk orang dewasa yang hidup penuh ambisi, target, sampai terkadang kita lupa kalau hidup bukanlah satu-satunya destinasi, tapi satu pengalaman yang harus kita jalani.

Buat kamu yang sedang merasakan hal yang sama mungkin akan relate banget nih buat dengerin lagu ini. Yuk, segera dengarkan Streetcar di platform musik resmi kesayangan kamu, ya!

Redaktur: Grace Silva Situngkir

Related posts

Memaknai Kerinduan dalam Sepi Lewat Lagu Tentang Rindu

redaksi

Koboy Kampus dari The Panasdalam

redaksi

Konser Selamat Ulang Tahun Nadin Amizah Semi Teater, Magis dan Emosional!

redaksi