SUARA USU
Buku

Rekomendasi Bacaan Yang Harus Kamu Baca di Wattpad!

Oleh: Irdiana

Suara USU, Medan. Siapa sih yang gak kenal wattpad? aplikasi yang resmi diluncurkan pada tahun 2006 ini merupakan aplikasi yang menyediakan tempat bagi para penulis maupun pembaca untuk beberapa kategori tulisan seperti cerpen, puisi, artikel, dan yang lainnya.

Di wattpad terdapat banyak tulisan-tulisan kreatif sehingga tak sedikit menyita perhatian dari para pembaca. Tak heran, jika beberapa judul tulisan di wattpad memiliki angka baca yang sangat banyak bahkan hingga jutaan.

Bagi kamu yang gemar membaca novel terutama karya yang berawal dari wattpad, nih beberapa rekomendasi yang terbaik untukmu, ya!

  1. Matt & Mou

“Matt and Mou” juga menjadi salah satu novel terbaik yang menyita banyak respon positif dari kalangan pecinta novel. Novel Ini ditulis oleh Wulan Fadila Fatia yang pada awalnya merupakan tulisan di wattpad. Novel ini berfokus pada sepasang sahabat yang memilik sifat saling bertolak belakang.
Matt, sosok pria dingin, sedangkan Mou adalah wanita yang hangat dan selalu membawa keceriaan. Keduanya merupakan sahabat sejak kecil yang saling jatuh cinta ketika mereka beranjak dewasa. Tak hanya sukses di wattpad dan novel saja, kisah kedua karakter Matt dan Mou ini juga sukses diangkat menjadi cerita dalam sebuah film berjudul sama.
2. I Am In Danger

Terbit pada tahun 2019, novel karya Zaeem berjudul “I Am in Danger” juga memiliki alur cerita menarik sehingga recommended untuk kamu baca. Memiliki jumlah 324 halaman, novel ini memadukan beberapa kisah tentang keluarga, persahabatan, dan percintaan yang dialami sang tokoh lengkap dengan konfilk yang ada di dalamnya.
Novel yang diadaptasi dari salah satu karya tulis terpopuler di wattpad ini berfokus pada kehidupan seorang gadis bernama Ocha yang lahir dari keluarga serba kekurangan. Ia mendapatkan beasiswa di salah satu sekolah elite di Jakarta yang membawanya pada beberapa konflik pahit dalam hidupnya.
3. Neart

Novel Neart dengan penulis Radexn merupakan novel genre fantasi dan remaja yang telah banyak dibaca. Novel Neart bercerita mengenai pria yang mempunyai kekuatan super. Novel ini mampu menampilkan pembawaan tokoh Zenith dan Shelna yang sangat menggemaskan dengan sisi fantasinya yang keren. Selain itu novel ini memiliki sekuel berjudul Neart 2 yang menarik.

  1. Diary of An Unpopularity


Diary of An Unpopularity karya Rina (@Crowdedrina) di Wattpad telah dibaca 7 juta pembaca dan telah mendapatkan 342 ribu bintang dengan jumlah komentar mencapai 21.700.

Diary of An Unpopularity berkisah mengenai seorang gadis remaja kelas SMA yang bernama Cameyla Atwood. Ia memiliki otak secemerlang Einsten, namun kehidupan sosialnya bertolak belakang dengan kecerdasannya.

Cameyla Atwood hanya memiliki satu orang teman saja dan kerap menjadi bahan penindasan dari seniornya ataupun teman-teman satu angkatannya. Meskipun begitu, ia tidak pernah melawan sama sekali karena terlalu berfokus pada tujuan hidupnya untuk kuliah di Universitas Harvard dan menjadi peneliti.

Kehidupan Cameyla Atwood mulai mengalami perubahan ketika menghadiri acara premiere film bergengsi di Amerika bersama dengan keluarga Atwood yang terkenal. Keluarga tersebut terdiri dari sepasang suami istri yaitu aktor Gary Atwood dan model Juliana Anderson serta ke 3 anaknya yang bernama Carter, Carla, dan Cameyla Atwood.

Ketiga anaknya bersekolah di SMA yang sama, namun memiliki status sosial yang bertolak belakang antara satu dengan lainnya.
5. Rotasi dan Revolusi

Cerita karya Crowdstoria ini menggambarkan dua orang, laki-laki dan perempuan dengan kecerdasan diatas rata-rata yang bisa dibilang sama-sama tidak menyukai kebodohan manusia. Trivia atau biasa disapa Riv adalah mahasiswa yang dijuluki “Si Gadis Einstein” selalu memiliki pemikiran yang mengejutkan. Riv sebagai mahasiswa tingkat akhir yang sedang disibukan dengan skripsi, mengharuskan ia berhubungan dengan Arraf alumnus jurusannya yang juga memiliki materi skripsi yang sama. Arraf adalah manusia titisan dewa dengan segudang prestasinya. Dia adalah wujud maha sempurna yang akan selalu dikenang orang-orang di kampusnya.
Rotasi dan Revolusi ini sangat eksentrik. Disini juga menjelaskan sisi lain dari seorang pemimpin, standar masyarakat yang nggak harus kita penuhi, dan cara kerja kebaperan.
6. My life, not Jane Austen’s

 

Dalam cerita karya pinetreeforest ini, Amiya merasa bahwa hidupnya seperti buku karangan penulis legendaris seperti Jane Austen. Amiya iri dengan kakak-kakaknya yang memiliki kisah cinta yang mulus dan diakhiri dengan happy ending. Sampai ia bertemu dengan seorang teman kecilnya, Edwin dan seseorang dari masa lalunya yang kembali lewat kebetulan-kebetulan di hidupnya.
Dalam cerita ini juga diselipkan beberapa keadaan dari buku Jane Austen untuk Amiya meyakinkan bahwa kisah mereka sama.

Nah, itulah beberapa cerita wattpad yang bisa kalian baca dirumah. Bahkan cerita tersebut sudah di buku kan dan dapat kalian beli di toko buku ataupun online, loh! Jadi mana buku yang akan kamu mulai baca?

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Seandainya Aku Bisa Menanam Angin

redaksi

Memorizing Like An Elephant, Sebuah Karya untuk Melatih Daya Ingat

redaksi

Sejenak Hening: Aku Tenang, Aku Menang

redaksi