SUARA USU
Kabar Kampus

Rekrutmen Relawan Pajak 2022, Daftarkan Diri Sebelum 31 Januari!

Oleh : Syahfira Insani Agustin

SUARA USU, MEDAN. Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I open open opportunity to para mahasiswa/I active to take part to Relawan Pajak 2022 di wilayah kerja Kanwil DJP Sumut I yang dibuka sejak 28-31 Januari 2022.

Kegiatan Relawan Pajak merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pajak dengan merekrut mahasiswa untuk menjadi jembatan persuasif bidang perpajakan di tengah-tengah masyarakat. Nantinya para mahasiswa yang akan menjadi Relawan Pajak akan meningkatkan pemahaman mereka dan pengetahuan perpajakan yang memadai. Pemahaman dan pengetahuan tentang pajak yang dibutuhkan mahasiswa untuk mengedukasi masyarakat tentang perpajakan di Indonesia, khususnya untuk membantu wajib pajak melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan melalui e-filling.

Dilaporkan dari instagram resmi Kanwil DJP Sumut I @pajaksumut1, adapun syarat untuk mendaftar menjadi sukarelawan pajak yaitu, memiliki ketertarikan terhadap kegiatan-kegiatan sukarelawan, situs pengalaman organisasi atau pernah mengikuti kegiatan sukarela dan membantu wajib pajak. Kegiatan ini dapat diikuti oleh seluruh mahasiswa semua jurusan dari universitas yang memiliki tax center dan tergabung dalam ruang lingkup Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Sumatera Utara I yaitu, Universitas Sumatera Utara, Universitas Harapan Medan, Universitas HKBP Nommensen, Universitas Methodist Indonesia, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara , Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah, Universitas Pembangunan Panca Budi, Politeknik Wilmar Bisnis Indonesia dan Politeknik Negeri Medan.

Indra Effendi Rangkuti selaku Staff Tax Center USU menyebutkan bahwa alur pendaftaran Relawan Pajak tahun ini, “untuk alur pendaftaran sukarela tahun lalu, registrasi online terlebih dahulu, nantinya DJP akan mengirim email kepada peserta yang sudah mendaftar untuk menyaring siapa yang akan masuk ke tahap wawancara, setelah wawancara nanti akan ada pembekalan tentang perpajakan kepada calon relawan pajak, barulah seleksi terakhir yaitu ujian online. Untuk kuotanya sendiri nantinya pihak DJP akan melihat antusias dari mahasiswa yang mendaftar, tetapi tidak jauh dari tahun sebelumya, kalau tahun lalu dari kita ada 38 orang, kita berharap semoga tahun ini ada penambahan kuota, tegas Indra.

Sementara itu, Faisal Eriza selaku Dosen Administrasi Perpajakan berharap, program ini dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman nyata dari administrasi perpajakan, “harapan semoga program ini dapat menjadi bekal pengalaman dan pengetahuan yang nyata dari administrasi perpajakan yang dilaksanakan di lapangan, mahasiswa dapat menjadi sumber informasi informasi perpajakan serta yang terpenting dapat mengedukasi masyarakat akan pentingnya sehingga akan mewujudkan masyarakat yang sadar dan peduli pajak, karena pajak adalah sumber utama pendapatan.”

Seluruh proses rekrutmen akan dilaksanakan secara berani. Yuk segera daftarkan diri kamu melalui tautan bit.ly/RPsumut1 sebelum 31 Januari 2022! Untuk info lebih lanjut, kunjungi laman resmi instagram Kanwil DJP Sumut I, @pajaksumut1.

Contact Person Tax Center USU :

Indra Effendi Rangkuti (081265708340)

Faisal Eriza (08126443992)

Firman L. Tarigan (082165448688)

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pandemi Corona Merajalela, Tak Perlu Khawatir: Seminar Daring Solusi Cepat Jadi Sarjana!

redaksi

PKKMB FKM Hari Kedua, Ada Sum-Up dan Rainbowba!

redaksi

Tampung 37.169 Peserta, USU Buka Lokasi  UTBK di Nias

redaksi