SUARA USU
Life Style

Simak Tips Aman dan Nyaman saat Mudik Lebaran!

Penulis: Grace Angel

Suara USU, Medan. Mudik merupakan kegiatan pulang ke kampung halaman yang biasanya dilakukan oleh orang yang merantau. Mudik menjadi tradisi tahunan yang populer di Indonesia, khususnya saat menjelang libur Hari Raya Idul Fitri.  Perjalanan yang cukup lama saat mudik membuat  kita perlu mempersiapkan diri agar dapat menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman. Berikut tips mudik aman dan nyaman yang bisa sobat Suara USU terapkan saat mudik nanti.

  1. Cek Keadaan Rumah sebelum Pergi

Mengecek keadaan rumah sebelum pergi membuat kita lebih yakin ketika melakukan perjalanan. Mengecek keadaan rumah dapat dilakukan dengan memastikan rumah dalam keadaan benar-benar aman untuk ditinggalkan dalam waktu cukup lama seperti mencabut semua kabel aliran listrik, regulator gas, mematikan kran air, serta mengunci semua pintu, jendela dan pagar rumah.

  1. Persiapkan Kesehatan Tubuh dan Istirahat yang Cukup

Kondisi tubuh yang fit sangatlah penting untuk memastikan keamanan serta kenyamanan perjalanan mudik. Maka dari itu, sebelum melakukan perjalanan mudik kita harus istirahat yang cukup agar kondisi tubuh tetap fit selama perjalanan. Tidak hanya itu, kita juga bisa mulai berolahraga, menjaga pola makan, serta mengkonsumsi suplemen kesehatan tambahan. 

  1. Sediakan Perlengkapan Kesehatan 

Perlengkapan kesehatan yang dimaksud ialah obat-obatan, vitamin serta P3K. Hal ini akan sangat membantu saat stamina tubuh kita menurun akibat kelelahan saat mudik. 

  1. Pilih Transportasi yang Nyaman dan Benar

Saat mudik, kita harus cermat memilih alat transportasi yang menyesuaikan dengan jarak tempuh ke kampung halaman. Jika jarak tempuhnya jauh atau berada di luar pulau, maka sebaiknya memilih transportasi udara. Namun, apabila sobat Suara USU ingin menggunakan transportasi umum seperti bus, maka sebaiknya mencari bus yang aman dan nyaman. Begitu juga jika menggunakan kendaraan pribadi, maka sebelum melakukan perjalanan, sobat Suara USU perlu memastikan kendaraan benar-benar dalam keadaan siap untuk dibawa perjalanan jauh. Saat berkendara, jangan lupa meluangkan waktu untuk istirahat sejenak dan melakukan peregangan. 

  1. Sediakan Perbekalan

Menyediakan perbekalan seperti makanan, minuman, dan snack sangat diperlukan. Hal ini penting karena kita belum tentu menemukan minimarket, sehingga disarankan untuk menyiapkan makanan dan minuman.

  1. Handphone, Baterai Handphone, Pulsa dan Kuota Internet

Yang terakhir, pastikan sobat Suara USU tidak lupa membawa handphone dengan baterai dalam kondisi penuh, pulsa dan kuota internet yang memadai. Hal ini dilakukan agar dalam keadaan darurat handphone tetap bisa digunakan untuk menghubungi keluarga atau orang terdekat. Kita juga bisa membawa powerbank yang telah terisi penuh untuk memastikan handphone tidak akan kehabisan baterai sepanjang perjalanan.

Nah, itulah beberapa tips mudik aman dan nyaman yang wajib sobat perhatikan agar perjalanan mudik terasa lebih menyenangkan. Jangan lupa berdoa memohon perlindungan saat hendak melakukan perjalanan. Selamat mudik sobat Suara USU!

Redaktur: Suranti Pratiwi


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Merantau Untuk Pendidikan

redaksi

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Memakai Tumbler

redaksi

Tips dan Trik Menjaga Produktivitas di Bulan Ramadhan

redaksi