SUARA USU
Sosok

Steven Tenady, Peraih Perak KNMIPA Nasional 2021

Oleh : Sonya E. Simamora

Suara USU, MEDAN. Steven Tenady merupakan mahasiswa USU yang berhasil mengalungkan perak  dalam ajang KNMIPA 2021 . Steven mengukir prestasinya pada bidang Fisika. Kompetisi Nasional MIPA (KN-MIPA) merupakan kompetisi  nasional yang diadakan setiap tahun pada bidang Fisika, Matematika, Biologi serta Kimia dengan menyeleksi mahsiswa/i secara bertahap dimulai dari tingkat universitas, wilayah kemudian nasional.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya,  pelaksanaan KNMIPA  nasional tahun ini dilangsungkan secara online via zoom tepat pada  29-30 Juli bulan lalu. Steven mengungkapan walaupun pelaksanaannya online, kompetisi tetap mengindahan aturan-aturan dan pihak USU memberikan izin untuk menggunakan fasilitas  PSI untuk berkompetisi.

Pada saat tes, USU mengizinkan kami untuk menggunakan fasilitas di PSI, seperti komputer, internet, dan kamera serta tripod yang fungsinya untuk menyorot meja pekerjaan dan layar komputer” terangnya.

Sebelum meraih prestasinya, mahasiswa Fisika stambuk 2018 ini pernah mengalami kegagalan untuk ikut serta dalam KNMIPA  nasional 2020.  Namun,  karena mimpinya untuk melanjutkan pendidikan Steven belajar keras hingga akhirnya membuahkan hasil.

“Pada tahun 2020, saya hanya lolos sampai tingkat wilayah tapi saya berjuang untuk memperoleh sertifikat menang yang dapat digunakan untuk memperbesar peluang diterima di universitas yang lebih baik untuk S2,” pungkas Steven

Pada wawancara kali ini, Steven juga mengutarakan harapnya kepada mahasiswa/i khususnya jurusan Fisika untuk mengeluarkan suara terhadap dosen fisika selaku tenaga pengajar yang kurang berkompeten di bidangnya. “Mengeluarkan suara mereka untuk memprotes tentang sebagian besar dosen fisika USU yang kurang kompeten,” harapnya.

Redaktur : Zukhrina Az Zukhruf


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Bangun, Anak Pelosok Negeri yang Berprestasi

redaksi

Maghfira Syahruni, Sosok Dibalik Metalearn Indonesia dengan Segudang Prestasi

redaksi

Juara 1 Lomba Membuat Esai, Ini Tips dan Trik dari Rizki Fahlevi

redaksi