SUARA USU
Kabar SUMUT

Strategi PT Pos Indonesia dalam Memenangkan Persaingan dengan Meningkatkan Pelayanan dan Penerapan Teknologi pada Kantor Cabang Utama Medan 20000

Tim Penulis: Febriyanti Hasibuan, Emmy Nursanti Br. Perangin-angin, Hanatul Fitri Sianturi, dan Mustika Rotama Banjarnahor

Suara USU, Medan. Mahasiswa Universitas Sumatera Utara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Progam Studi Ilmu Administrasi Bisnis, Dosen FISIP USU Onan Marakali Siregar, S.Sos, M.Si sebagai Dosen Pembimbing Lapangan.

Persaingan industri di bidang usaha jasa pengiriman semakin ketat seiring dengan bermunculannya para kompetitor yang dengan ajaibnya berhasil merebut sebagian besar pangsa pasar. Sebagai pemain lama, PT Pos Indonesia optimis mampu bertahan melalui strategi-strategi yang telah diupayakan.

Menjamurnya mediator komunikasi seperti Email, Facebook, Twitter dan media sosial lainnya untuk mengirimkan surat tentu menjadi hambatan yang besar bagi PT Pos Indonesia. Oleh karena itu, dalam  memenangkan persaingan usaha  PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama  Medan 20000 melalui strategi upaya peningkatan kualitas pelayanan dan penerapan teknologi yakin bahwa dengan strateginya mampu untuk terus mempertahankan eksistensinya.

Perencanaan strategi yang diterapkan oleh PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Medan 20000 dalam menghadapi persaingan usaha dapat dilihat bahwa perusahaan ini memanfaatkan jejaring yang cukup luas di mana setiap kantor sudah tersebar sehingga diharapkan sebagai daya tambah untuk menarik perhatian pelanggan yang ingin bertransaksi karena akses yang mudah dijangkau.

Selain itu, upaya dalam peningkatan kualitas juga dilakukan guna menjaga hubungan antara perseroan dengan pelanggan. Dalam suatu kesempatan, salah seorang seorang karyawan Pos Indonesia Medan Kantor Cabang Utama Medan 20000 menuturkan perencanaan strategi yang digunakan, yakni berorientasi dalam jangka panjang.

”Dalam  merencanakan sebuah strategi, kami biasanya akan berorientasi kepada  perencanaan jangka panjang, perencanaan ini juga tidak terlepas dari visi dan misi perusahaan tentunya. Sebagai contoh strategi yang kami lakukan dalam menghadapi pesaing usaha yang sama adalah, kami meningkatkan pelayanan yang baik kepada para pelanggan karena kenyamanan pelanggan dalam menggunakan jasa menurut kami dapat menjadi daya tarik terhadap perusahaan,” ucapnya, pada Selasa (29/8).

Pada kesempatan lain juga dijelaskan bahwa evaluasi dilakukan secara rutin untuk mengetahui seberapa jauh kepuasan pelanggan akan PT Pos. Evaluasi yang dilakukan memberikan gambaran kelemahan dan kekuatan apa yang dimiliki oleh PT Pos untuk dijadikan patokan dalam perencanaan strategi.

Menghadapi persaingan teknologi, PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Medan 20000 juga terus bertransformasi menjadi lebih baik menciptakan inovasi-inovasi baru. Bukti penggunaan teknologi yang diterapkan oleh PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Medan 20000 adalah dengan adanya aplikasi Pospay, yang diciptakan untuk mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi hanya dengan bantuan ponsel pintar mereka.

Dalam strategi memenangkan persaingan usaha ini, pihak PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Medan 20000 meredefinisi bisnisnya dengan melakukan transformasi teknologi, memperluas cakupan bisnis yang dilakukan seperti dari pengiriman uang menjadi layanan keuangan digital, dari pengiriman barang menjadi bisnis logistik. Melalui redefinisi tersebut, pihak PT Pos Indonesia Kantor Cabang Utama Medan 20000 optimis untuk dapat terus menjadi market leader dalam usaha jasa pengiriman.

Redaktur: Azka Zere Erlthor

Related posts

Efektivitas Mantan Pecandu Sebagai Konselor dalam Kegiatan Rehabilitasi Narkoba di Yayasan Panti Rehab Amelia, Kabupaten Serdang Bedagai

redaksi

Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pilkada Asahan

redaksi

IMConnect Regional Medan Adakan Pelantikan di Gedung Bappeda Sumatera Utara

redaksi