SUARA USU
Life Style

Pengaruh Komunikasi Organisasi dan Kerja Sama Tim Terhadap Efektivitas Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Tabungan Negara KC Medan

Tim Penulis: Silviana Marpaung, Selli E. Matakena, Mina Indryani Nainggolan dan Okky Pratiwi

Suara USU, Medan. Mahasiswa Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Sumatera Utara melaksanakan kegiatan magang program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mitra USU di PT. Bank Tabungan Negara KC Medan yang terletak di Jl. Pemuda No.10A, A U R, Medan Maimun, Kota Medan, Sumatera Utara. Kegiatan magang berlangsung kurang lebih selama 5 bulan yang dimulai sejak tanggal 17 Januari 2022 hingga 03 Juni 2022.

 

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang Perbankan. Bank BTN berkomitmen menjadi Bank yang melayani dan mendukung pembiayaan sektor perumahan melalui tiga produk utama, yaitu perbankan perseorangan, bisnis dan syariah.

Bank Tabungan Negara memiliki visi menjadi the Best Mortgage Bank in Southeast Asia di Tahun 2025 sehingga misi Bank BTN adalah untuk secara aktif mendukung pemerintah dalam memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia melalui kepemilikan rumah, menjadi home of Indonesia’s best talent, mewujudkan kehidupan yang diimpikan jutaan rakyat Indonesia melalui penyediaan rumah yang layak, meningkatkan shareholder value dengan berfokus pada pertumbuhan profitabilitas yang berkelanjutan sebagai perusahaan blue chip dengan prinsip manajemen risiko yang kokoh, menjadi mitra keuangan bagi para pemangku kepentingan dalam menyediakan solusi menyeluruh dan layanan terbaik melalui inovasi digital.

Dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan, komunikasi organisasi dan teamwork sangatlah penting dalam meningkatkan efektivitas kinerja karyawan. Oleh karena itu, mahasiswa magang Ilmu Administrasi Bisnis Fisip USU menganalisis bagaimana pengaruh komunikasi organisasi dan team work terhadap efektivitas kinerja karyawan pada PT. Bank Tabungan Negara KC Medan dengan melakukan  observasi langsung dan menyebarkan kuisioner kepada pegawai Unit CRSU (Consumer Collection Recovery & Asset Sales Unit).

Organisasi tidak mungkin ada tanpa komunikasi. Apabila tidak ada komunikasi, para pegawai tidak dapat mengetahui apa yang dilakukan oleh rekan sekerjanya, pimpinan tidak dapat menerima masukan informasi, dan para penyedia tidak dapat memberikan instruksi, koordinasi kerja tidak mungkin dilakukan, dan organisasi akan runtuh karena tidak adanya komunikasi. Oleh karena itu, komunikasi dalam organisasi memiliki peranan yang sangat penting dalam mencapai tujuan organisasi. Setiap bentuk organisasi pasti mengedepankan sebuah komunikasi agar tercipta hasil yang selaras. Bisa kita bayangkan berorganisasi tanpa adanya komunikasi pasti hasilnya nihil, tanpa mengetahui tujuan yang jelas.

Tujuan komunikasi dalam sebuah organisasi sangat memberikan banyak manfaat secara langsung yaitu memudahkan para anggota bekerja dari instruksi-instruksi yang diberikan dari atasan dan untuk mengurangi kesalahpahaman yang biasa terjadi dan memang sudah melekat pada suatu organisasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dalam hal komunikasi organisasi, PT. Bank Tabungan Negara memiliki komunikasi organisasi yang baik pada saat melaksanakan tugas dan tanggungjawab masing-masing dimana pegawai dan pimpinan memiliki hubungan koordinasi yang baik dan berkomunikasi ketika mengalami kendala atau kesulitan. Tentu hal ini juga berpengaruh terhadap sikap masing-masing karyawan sehingga akan meningkatkan efektivitas kinerja karyawan PT. Bank Tabungan Negara KC Medan.

Selain komunikasi organisasi, team work dalam sebuah perusahaan tidak kalah penting. Perusahaan tentu saja tidak dapat berdiri sendiri, melainkan ada banyak divisi yang terdapat di dalamnya dan harus saling mendukung antara divisi yang satu dengan yang lainnya. Disinilah kerja sama yang baik bisa terwujud, sehingga pada intinya visi dan misi perusahaan dapat dicapai secara optimal dan dengan jalan yang jauh lebih efektif. Oleh sebab itu dengan adanya team work, maka apa yang menjadi tujuan bersama dapat dicapai secara lebih cepat. Daripada dilaksanakan sendiri yang belum tentu mengarah pada tujuan yang sama, maka bekerja secara bersama-sama akan lebih baik. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, team work pada PT. Bank Tabungan Negara KC Medan terlaksana dengan baik dan efektif pada saat karyawan melaksanakan pekerjaannya masing-masing.

Redaktur: Salsabila Rania Balqis

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Apasih Zero Waste Itu?

redaksi

Benarkah Penggunaan Filter Foto Berdampak pada Psikologi ?

redaksi

Hustle Culture, Saat Kerja Keras Tak Lagi Sehat

redaksi