SUARA USU
Kabar Kampus

Teknik Industri USU Berhasil Selenggarakan 8th National Conference on Industrial Engineering

Reporter : Jesika Yusnita Laoly/ Jenni Angelia/Sarah Gabriela

Suara USU, Medan. Program Studi Teknik Industri Universitas Sumatera Utara berhasil menyelenggarakan 8th National Conference on Industrial Engineering dengan tema “Sustainable Solution for Everyday Life” pada Jumat (31/05). Acara ini dilaksanakan di Gelanggang Mahasiswa USU dengan menghadirkan narasumber ternama, seperti Ir. Aulia Ishak, S.T., M.T., Ph.D, IPM dari Universitas Sumatera Utara; Prof. Ir. Markus Hartono, S.T., M.Sc., Ph.D., CHFP., IPM., ASEAN Eng dari Universitas Surabaya; Prof. Dr. Abdul Talib bin Bon dari Universitas Tun Hussein On Malaysia; dan Djoko Kiswanto, S.T., M. Biotech dari Institut Teknologi Sepuluh November.

Dalam sesi diskusi, mahasiswa mengajukan berbagai pertanyaan menarik. Dalam kesempatan tersebut, Prof. Ir. Markus Hartono menjelaskan pentingnya memahami keinginan konsumen dalam desain produk. Suatu produk harus mengertiapa yang diinginkan oleh konsumennya,” jawabnya.

Sementara itu, Prof. Dr. Abdul Talib bin Bon menyoroti tantangan dalam mendaur ulang produk dimana perlu dilakukan penilaian terlebih dahulu, karena suatu produk yang didaur ulang ada ketentuannya.

Mengenai aspek emosional dalam penggunaan produk, Prof. Ir. Markus Hartono menekankan pentingnya mengidentifikasi kebutuhan emosional konsumen yang diterjemahkan ke dalam parameter desain. Perlunya identifikasi kebutuhan dari penggunaan, termasuk dari sisi emotional customer, sangat penting. Dari sini, kebutuhan emosional diterjemahkan ke parameter desain,” tuturnya.

Di sisi lain, pertanyaan mengenai penerapan SDGS di Indonesia dijawab oleh Ir. Aulia Ishak. Ia menekankan perlunya partisipasi pemerintah dan masyarakat dalam rancangan jangka panjang. “Kita harus menetapkan goals SDGS yang ingin dicapai, harus diimplementasikan pada rancangan jangka panjang yang menyangkut partisipasi pemerintah serta masyarakat.”

Setelah seminar, acara dilanjutkan dengan Awardinguntuk para pemenang lomba Product Design Competition (PDC). Erik, ketua PDC, menjelaskan bahwa kompetisi inid ibagi menjadi dua kategori, yakni lomba untuk mahasiswa Teknik Industri angkatan 2022 dan lomba internasional dengan peserta dari Malaysia.

Dimana dalam lomba ini terdapat empat sub tema yang diperlombakan yaitu Eco-friendly Technology, Health and Well-Being, Energy Efficiency, dan Safety Engineering, dengan kategori pemenang dari juara pertama hingga ketiga, favorite product, best presentation, best poster design, dan best video.

Acara 8th National Conference on Industrial Engineering ini sukses memfasilitasi pertukaran ilmu dan ide inovatif yang sangat berharga dalam menciptakan solusi berkelanjutan untuk kehidupan sehari-hari, serta menginspirasi mahasiswa dan peserta untuk terus berkontribusi dalam bidang teknik industri. Dengan semangat kolaborasi dan inovasi, diharapkan langkah-langkah menuju masa depan yang lebih hijau dan berkelanjutanakan semakin nyata.

Redaktur : Balqis Aurora 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Pekan Seni Mahasiswa Universitas Sumatera Utara 2024 

redaksi

8 Mahasiswa PMM Adakan Event All U Can Paint

redaksi

Gelaran Perdana Layanan SMART EAZY PASSPORT di Universitas Sumatera Utara, Kantor Imigrasi Medan Melayani Sebanyak 150 Permohonan Paspor

redaksi