SUARA USU
Featured Life Style

Tipe Gaya Hidup Mahasiswa di Dunia Perkuliahan

Oleh : Najwa Khaila Dalimunthe

Suara USU, Medan. Dunia perkuliahan merupakan tempat kita menjumpai banyak mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai kalangan dan latar belakang kehidupan yang berbeda-beda. Perbedaan itu membentuk kehidupan yang beragam sehingga terdapat berbagai tipe gaya hidup mahasiswa di dunia perkuliahan. Nah, berikut tipe-tipe gaya hidup mahasiswa di dunia perkuliahan :

  1. Mahasiswa Aktivis 

Mahasiswa tipe ini biasanya merupakan mahasiswa yang aktif di organisasi, baik organisasi yang berada di dalam kampus maupun organisasi yang berada diluar kampus. Terkadang mahasiswa aktivis dinilai sebagai mahasiswa yang kuliahnya berantakan, karena memiliki banyak kegiatan organisasi yang diikutinya sehingga dinilai lebih mementingkan kegiatannya dibandingkan belajar di kampus. Namun, mahasiswa aktivis memiliki kelebihan dalam hal bersosialisasi, membentuk relasi, dan membangun jiwa kepemimpinan karena terbiasa aktif dalam semua organisasi. 

  1. Mahasiswa Akademis

Mahasiswa yang mengejar nilai yang tinggi atau disebut mahasiswa akademis . Biasanya mahasiswa akademis dinilai sebagai mahasiswa yang memiliki sifat egois ketika terjun langsung ke masyarakat. Mereka memiliki sikap dan sifat yang acuh terhadap sekitar karena kurangnya kesadaran dan kepekaan yang memang tidak didapatkan di organisasi. Namun mahasiswa akademis memiliki kelebihan dalam hal perkuliahannya karena kuliahnya tidak akan berantakan, lebih terstruktur, sehingga memiliki peluang yang besar untuk mendapat IPK sempurna, karena fokus kuliahnya tidak terbagi-bagi kemanapun. 

  1. Mahasiswa Prestatif

Mahasiswa prestatif merupakan mahasiswa yang memiliki sikap dan perilaku selalu ingin maju serta daya juang tinggi mencapai kesuksesan. Mahasiswa tipe ini cenderung senang mengikuti berbagai perlombaan atau kompetisi, sehingga mahasiswa prestatif selalu mendapatkan banyak penghargaan dan mendapatkan gelar mahasiswa yang berprestasi di kampus. Kelebihan yang dimiliki oleh mahasiswa prestatif iyalah memiliki banyak pengalaman dalam berbagai bidang perlombaan. 

  1. Mahasiswa Hedonis 

Gaya hidup hedonis merupakan gaya hidup yang tidak baik dimiliki oleh mahasiswa, karena mahasiswa yang memiliki gaya hidup hedonis akan dengan mudah muncul beberapa dampak negatif baik dalam perkuliahannya maupun dalam kehidupannya. Suatu saat akan menciptakan pemikiran yang hanya menikmati masa sekarang tanpa memikirkan hal kedepan serta akan muncul rasa tidak peduli akan kuliahnya sehingga akan lama lulus atau bahkan lebih parahnya tidak melanjutkan pendidikannya karena terlena dengan gaya hidupnya yang sekarang. 

  1. Mahasiswa Apatis

Apatis merupakan suatu kondisi psikologi dimana seseorang kehilangan motivasi, tidak tanggap, acuh tak acuh atau tidak perduli terhadap sesuatu yang emosional, sosial, bahkan kehidupan fisik. Apatisme adalah suatu istilah yang merepresentasikan golongan yang tidak mau ambil pusing, dalam hal akademik maupun non akademik. 

Mahasiswa apatis adalah mahasiswa yang tidak peduli dengan kegiatan-kegiatan kampus baik itu dalam hal akademis maupun organisasi didalam kampus. Kegiatan yang dilakukan mahasiswa apatis adalah langsung pulang ketika perkuliahan selesai atau bersenang – senang dengan kegiatannya sendiri. Sikap apatis sangat tidak baik bila dimiliki oleh seorang mahasiswa karena pastilah tidak ada kesan menarik yang dimilikinya saat masih menjadi mahasiswa yang bisa dijadikan kenangan untuk diingat.

Kawan-kawan Suara USU termasuk tipe mahasiswa yang seperti apa nih? Aktivis? Prestatif? Hedonis? Akademis? atau malah Apatis? 

Redaktur : Fitri Dian Jannah


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Anxiety Attack vs Panic Attack

redaksi

Flexing, Penyakit Pamer dengan Gaya di Sosial Media

redaksi

Neokorteks dan Timeline Hidup Manusia

redaksi