SUARA USU
Life Style

Tips Aman untuk Kamu Si Anak Kos

Sumber gambar: https://images.app.goo.gl/zSY9PHjM5ch24kZN7

Oleh : Viona Maharani/ Hanna

Suara USU, Medan. Perkuliahan kembali lagi berjalan secara tatap muka setelah selama kurang lebih satu tahun dilakukan secara daring akibat pandemi Covid-19. Bagi mahasiswa yang berkuliah jauh dari rumah, yang tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan pulang-pergi dari kampus ke rumah, maka mencari tempat tinggal sementara adalah jalan keluarnya. Kos-kosan atau indekos merupakan tempat tinggal sementara bagi para perantau dengan durasi tertentu serta melakukan pembayaran yang telah disepakati sebelumnya.

Sebagai anak rantau, sering kali kita mendapatkan berita yang kurang menyenangkan. Tinggal di lingkungan yang baru dan bersama orang yang masih asing, sudah semestinya kita lebih berhati-hati. Berikut ini beberapa tips bagi kamu si anak kost agar tetap aman dan lebih waspada kedepannya.

  1. Pastikan keamanan kost sudah baik.

Kita pasti akan merasa nyaman bila keamanan kost sudah memiliki kemanaan yang baik. Bisa dimulai dari CCTV yang berfungsi dengan baik dan juga terdapat satpam yang berjaga, maka kita tidak perlu terlalu takut untuk masalah kehilangan.

  1. Kunci pintu kost sebelum berpergian.

Hal yang tidak kalah penting adalah memastikan pintu dan jendela sudah terkunci dengan baik. Kunci pintu dan jendela tidak hanya saat ingin berpergian. Namun untuk mengantisipasi kejahatan terjadi, maka kunci pintu dan jendela juga saat sedang berada di dalam kos.

  1. Segera laporkan kepada penjaga kos bila ada tamu yang mencurigakan.

Setiap tamu yang memiliki gerak-gerik mencurigakan dan tampak asing, ada baiknya segera laporkan ke penjaga kost demi meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan. Serta ada baiknya jangan menerima tamu sembarangan.

  1. Kenali tetangga kos dengan baik

Tinggal di lingkungan yang baru sudah pasti kita akan berkenalan dengan tetangga yang baru juga. Memiliki hubungan relasi yang baik akan memudahkan kita dalam hal apapun seperti akan memberi tahu ketika ada orang asing yang datang, atau bahkan masuk ke dalam kamar, juga menjadi orang pertama yang akan mengetahui kondisi kita pula.

Nah itu dia beberapa tips untuk sobat Suara USU yang menjadi mahasiswa perantauan, tetap hati-hati dan waspada selalu, ya!

Redaktur: Atika Larasati


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Mencatat itu Penting, Apasih Manfaat Mencatat Penjelasan dari Dosen?

redaksi

Pentingnya Peran Pemimpin dalam Keberhasilan Perusahaan (Penelitian Terhadap CV. Bakti Anugerah)

redaksi

Lazy Perfectionist, Si Perfeksionis yang Pemalas

redaksi