SUARA USU
Life Style

Tradisi Buka Bersama, Momen Ramadhan Yang Ditunggu-tunggu

Oleh : Melati Putri

Bulan Ramadhan menjadi momen yang paling dinanti dan dirindukan oleh umat muslim di seluruh dunia, begitu juga di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara dengan penduduk mayoritas muslim.Tak heran, kalau bulan Ramadhan merupakan salah satu bulan yang ramai disambut oleh masyarakat Indonesia. Banyak kemudahan yang diberikan saat bulan Ramadhan datang.

Ada kebiasan-kebiasan unik yang dilakukan oleh hampir setiap kelompok dari berbagai lapisan masyarakat, baik tua maupun muda, salah satunya adalah buka puasa bersama atau sebutan populernya yaitu bukber. Berbuka merupakan momen yang ditunggu umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa. Momen buka puasa tentu akan menjadi lebih menyenangkan jika dilakukan bersama orang-orang terdekat.  Alih-alih kebiasaan ini ternyata sudah menjadi sebuah tradisi. Tradisi bukber menjadi sarana berkumpul kembali bersama teman-teman atau keluarga besar.

Tradisi buka bersama sendiri merupakan salah satu tradisi yang berkembang dan sudah ada sejak lama di tengah masyarakat Indonesia. Bisa dibilang, melaksanakan buka bersama merupakan salah satu bentuk menjaga tradisi dan budaya. Mungkin kita sendiri juga sudah terbiasa bahwa saat Ramadhan tiba, akan banyak undangan buka puasa bersama yang datang dari berbagai grup atau komunitas. Mereka yang non muslim pun kadang ikutan buka bareng. Selain untuk menghormati teman yang berpuasa, ikutan buka bersama ini juga dilakukan agar bisa berkumpul dengan teman-teman lainnya.

Ada banyak nilai positif yang bisa didapat dari mengadakan buka puasa bersama khususnya dalam interaksi sosial manusia. Buka bersama memberikan kesempatan bagi setiap orang yang ada di dalamnya untuk saling mendekatkan diri, membuka komunikasi, membangun hubungan baru, mempermudah rezeki, hingga memperpanjang umur melalui silaturrahmi.

Buka puasa bersama sangat baik untuk mempererat tali silaturrahmi. Momen ini biasanya digunakan untuk memperkuat rasa persaudaraan dengan sanak saudara, teman, sahabat, rekan kerja, dan lainnya. Nilai-nilai yang ada dalam buka bersama juga sesuai dengan keragaman dan adat kebiasaan bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi silaturahmi. Karena itu, tidak heran juga tradisi bukber ini masih terus bertahan sampai saat ini.

Redaktur : M. Wirayudha Azhari Lubis


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Masker Menjadi Gaya Hidup Baru Masyarakat

redaksi

Low Maintenance Friendship, Hubungan Pertemanan yang Bebas Drama

redaksi

Strawberry Generation, Kreatif Tapi Mental Rapuh

redaksi