SUARA USU
Kabar Kampus

Lolos Pendanaan PHP2D, UKM Studi Pedesaan USU Kembangkan Kawasan Wisata Sungai Desa Ujung Teran!

Suara USU, MEDAN. Program Holistik Pembinaan dan Pemberdayaan Desa (PHP2D) merupakan salah satu program kampus merdeka dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini dicanangkan agar mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu-ilmu yang dimiliki di perkuliahan melalui terjun langsung ke desa.

Melalui salah satu perwakilan USU yang lolos ke tahap pendanaan, UKM Studi Pedesaan menggaungkan program memajukan desa Ujung Teran melalui pengembangan kawasan wisata sungai. Tim yang berjumlah 14 orang ini bertekad memajukan potensi yang dimiliki Desa Ujung Teran, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

Selain memiliki potensi wisata sungai yang diatasnya bergantung sepasang jembatan berwarna pelangi sehingga terkenal dengan sebutan “Jembatan Pelangi”, desa Ujung Teran juga memiliki pesona bentangan sawah yang eksotis dan berlatar belakang jajaran bukit barisan nan elok. Potensi-potensi ini patut dikembangkan dan dijadikan salah satu destinasi wisata yang menjanjikan.

Melalui metode BALATEP (Bangun, Latih, Terapkan), program ini membuka cakrawala masyarakat desa ujung teran menuju kawasan wisata yang digitalisasi dan dikenal banyak orang. Tak hanya mengembangkan kawasan wisata, tim PHP2D UKM Studi Pedesaan USU juga membantu meningkatkan potensi masyarakat desa melalui pelatihan-pelatihan yang dilakukan.

Mulai dari pelatihan pembuatan konten media sosial mempromosikan kawasan wisata, pelatihan pembuatan dan mengelola website desa, pelatihan public speaking mempromosikan sekaligus sebagai personal branding masyarakat desa, hingga pelatihan fotografi dan videografi.

Tim juga melakukan pengabdian ke masyarakat melalui sosialisasi ke anak-anak desa khususnya di SD Negeri yang terdapat di Dusun Donosari melalui Sosialisasi sikat gigi, sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, pelatihan pembuatan strap masker. Hingga pengajaran berupa mengenal nusantara dan nasionalisme serta lomba lomba kreatifitas yang berkaitan dengan literasi. Hal ini dilakukan agar masyarakat desa mendapat dampak baik dan kebermanfaatan adanya tim PHP2D UKM Studi Pedesaan USU.

Melalui semangat dan kerjasama serta kerja keras, tim PHP2D UKM Studi Pedesaan sudah memasuki akhir program yang mereka jalankan di Desa Ujung Teran. Respon masyarakat terhadap kehadiran tim berdampak positif, penuh antusias dan saling berkolaborasi.

Tim juga berharap, setelah program ini selesai dilakukan di desa Ujung Teran masyarakat mampu mengembangkan kawasan wisata secara mandiri dan gencar mempromosikannya melalui media sosial.

“Harapan nya juga semoga pihak desa, organisasi pemuda desa, hingga dinas pariwisata juga semangat dalam mengembangkan kawasan Desa Ujung Teran yang nantinya juga mampu mendongkrak perekonomian serta eksistensi Desa Ujung Teran” pu,ngkas Petrus Gultom selaku ketua tim PHP2D UKM Studi Pedesaan USU


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Menuju Indonesia Emas 2045, IMK FMIPA USU Gelar Webinar Bertajuk Optimalisasi SDGs

redaksi

Puncak Acara Aku USU Bahas Ekonomi Islam

redaksi

#SayNoToPlagiarism, HMA Gelar Seminar Mata Kuliah Umum Konsentrasi

redaksi