SUARA USU
Life Style

Mengenal Self Worth dan Cara Meningkatkannya

Oleh: Tamara Natasya Lubis

SUARA USU, Medan. Self-worth adalah keyakinan yang dimiliki seseorang mengenai dirinya. Self-worth merupakan keadaan ketika seseorang menyadari bahwa dirinya berharga terlepas dari pencapaian atau kualitas yang dimilikinya. Seseorang tidak perlu memenuhi kriteria tertentu ataupun melakukan suatu hal tertentu untuk merasa berharga.

Rasa menghargai diri sendiri ini muncul dari perasaan dan kepercayaan bahwa seseorang mempunyai kualitas yang baik dan telah meraih banyak hal-hal yang positif di dalam hidupnya. Self-worth berkaitan dengan penerimaan diri. Artinya, seseorang sudah menyadari bahwa segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki adalah hal-hal yang melengkapi diri sebagai seorang manusia.

Lalu, bagaimana cara meningkatkan self-worth?

  1. Kenali diri sendiri

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengenali diri sendiri, mulailah dengan menggali lebih dalam tentang siapa diri kita sebenarnya. Hal apa yang disukai dan yang tidak disukai, apa yang menjadi kelebihan serta kekurangan dalam diri sendiri. Ketika kita mampu mengenali diri sendiri dengan baik, maka hal tersebut akan membuat kita lebih mudah untuk tahu apa yang pantas dan tidak pantas  untuk didapatkan.

  1. Berhenti menyalahkan diri sendiri

Ketika rencana tak sesuai dengan yang diharapkan dan berujung pada kegagalan, biasanya orang akan cenderung menyalahkan dirinya sendiri. Tidak perlu untuk menyalahkan diri sendiri, sebaliknya harus bisa menerima kenyataan dan menjadikannya sebagai pelajaran. Sehingga dari kegagalan tersebut kita bisa belajar untuk mendapatkan hasil yang lebih baik lagi.

  1. Berani mengambil resiko dan keluar dari zona nyaman

Rasa takut dan khawatir untuk bertindak dalam mengambil resiko dan berujung pada kegagalan terkadang menjadi alasan yang menakutkan bagi banyak orang. Merasa tidak pantas atau kurang layak dan merasa mempunyai keterbatasan atau kelemahan. Jika terus-menerus merasakan hal itu dapat membuat kita tidak berkembang atau meningkatkan self-worth diri kita sendiri. Belajarlah untuk keluar dari zona nyaman dan carilah hal-hal baru yang belum dapat kita lakukan sebelumnya. Meskipun awalnya terasa sulit, namun hal tersebut dapat membantu kita menemukan bakat baru yang mungkin selama ini terpendam.

  1. Mencintai diri sendiri

Sejatinya, self-worth memang berkaitan erat dengan self-love. Karena mencintai diri sendiri adalah kunci utama bagaimana seseorang dapat melihat seberapa berhargana dirinya. Sebagai bentuk rasa cinta terhadap diri sendiri, cobalah untuk meningkatkan kualitas diri dan berusahalah untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari yang sebelumnya. Bentuk rasa mencintai diri sendiri juga dapat diwujudkan dengan memberikan self-reward pada diri sendiri. Self-reward juga merupakan salah satu bentuk penghargaan terhadap untuk diri sendiri atas apa yang telah dicapai. Misalnya: Pergi berlibur bersama orang-orang tersayang.

 

 


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Usir Penyakit dengan Membudayakan 5 Kebiasaan Ini

redaksi

Tips Menjadi Panitia yang Bertanggung Jawab Sampai Akhir Kegiatan

redaksi

Pertolongan Pertama Psikologis yang Bisa Kamu Berikan Bagi Orang Sekitarmu!

redaksi