SUARA USU
Kabar Kampus

Menuju Indonesia Emas 2045, IMK FMIPA USU Gelar Webinar Bertajuk Optimalisasi SDGs

Reporter : Niken Oxana Br Panjaitan

Suara USU, Medan. Ikatan Mahasiswa Kimia (IMK) FMIPA USU sukses adakan webinar nasional bertajuk “Optimalisasi Sustainable Develepment Goals (SDGs) dalam Upaya Pemanfaatan Sumber Daya Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas 2045”. Webinar nasional ini diadakan secara virtual pada Sabtu, (26/06).

Indonesia Emas 2045 merupakan visi pemerintah untuk membangun negara maju yang berdaulat, adil, dan makmur. Berbekal sumber daya manusia yang unggul dan menguasai pengetahuan serta teknologi, Indonesia akan dikenal sebagai salah satu kekuatan ekonomi dunia.

Webinar ini menghadirkan Nova Dwiayana, S.Mn., M.Si (Staff Bidang Sumber Daya Alam dan Kemitraan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan) dan Dr. Muhammad Taufik, S.Si., M.Si (Himpunan Kimia Indonesia Sumut) sebagai narasumber.

Pada sesi penyampaian materi, Nova Dwiayana selaku narasumber pertama menjelaskan bahwa ada 4 pilar dalam SDGs yang juga diadopsi oleh pemerintah Indonesia, diantaranya pilar pembangunan sosial, pilar pembangunan ekonomi, pilar pembangunan lingkungan, dan pilar pembangunan hukum dan tata kelola.

Pembahasan mengenai upaya pemanfaatan sumber daya menuju Indonesia Emas 2045 semakin mendalam lagi ketika memasuki penyampaian materi oleh narasumber kedua.
Dr. Muhammad Taufik mengajak peserta agar dapat memanfaatkan limbah hasil samping hutan tanaman industri sebagai bahan produktif menuju Indonesia Emas 2045. Contoh dari pemanfaatan limbah hasil samping hutan tanaman industri ini adalah pembuatan biopestisida dari tanaman Eucalyptus. Biopestisida berbasis Eucalyptus grandis cukup efektif dalam memberantas lalat buah pada tanaman jeruk manis.

Di penghujung acara, Dr. Muhammad Taufik tak lupa memotivasi para peserta webinar
“Silahkan dimulai dari diri sendiri untuk masyarakat, kalau masyarakat sudah terbantu maka rezeki akan datang kepada kita. Niatkan saja bahwa apa yang kita laksanakan adalah hal yang terbaik untuk masyarakat,” tutupnya.

Redaktur : Salsabila Rania Balqis

 

Related posts

Akses Jalan dan Infrastruktur Kampus Buruk, Fakultas Kehutanan Adakan Audiensi

redaksi

Fakultas Psikologi USU Adakan Stress Inoculation Training Melalui Seminar Sehat Mental Mahasiswa USU

redaksi

Pelantikan Pengurus Baru IMAHMI FH USU, Ketua Terpilih Fokus Ke Pembenahan Dasar-Dasar Organisasi

redaksi