SUARA USU
Life Style

Pasang Galon Menjadi Basic Life Skills?

Oleh: Tamara Ceria Sairo

Suara USU, Medan. Kamu yang saat ini sedang merantau, menurutmu skill apasih yang perlu banget untuk dikuasai? Kalau jawaban kamu adalah komunikasi, public speaking, problem solving, critical thinking, kemampuan beradaptasi, dan sebagainya itu merupakan life skills dalam ranah profesional. Namun, pernah gak kamu kepikiran kalau memasang gas merupakan basic life skills?

Sebelumnya, mari kita bahas apa itu life skills. Life skills dapat diartikan sebagai segala kemampuan atau keterampilan yang dimiliki seseorang dimana hal tersebut akan berguna dan membantu memudahkan kehidupan seseorang. Menurut WHO, defenisi life skills atau keterampilan hidup sendiri adalah kemampuan untuk bisa beradaptasi dan memperlihatkan perilaku positif agar orang itu mampu menghadapi tuntutan dan tantangan kehidupan sehari-hari dengan efektif. Nah, sesuai namanya “basic life skills”, maka keterampilan yang dimaksud merupakan suatu hal basic atau mendasar yang paling tidak harus dikuasai semua orang. Tidak melulu tentang kemampuan sosial bersama orang lain, namun untuk keterampilan yang dianggap sepele dan rendah sekalipun paling tidak harus dipertimbangkan.

Keterampilan-keterampilan seperti menawar barang belanjaan di pasar, ahli teknisi dadakan kalau ada barang rusak merupakan sebuah keterampilan hidup, lho. Keterampilan-keterampilan ini kelihatannya memang sederhana, namun sangat berguna dan membantu kehidupan terutama buat mahasiswa rantau yang tinggal sendiri.

Nah, berikut beberapa basic hard skills yang harus kamu pertimbangkan untuk bisa dikuasai. Tentu dari beberapa poin nanti tidak semuanya harus bisa kamu kerjakan, namun paling tidak ada usaha dan latihan untuk membuat hidup mu menjadi lebih mudah.

  1. Pasang Gas
    Keterampilan ini kelihatan sepele bukan? Namun, banyak sekali yang tidak menguasai bahkan takut kalau dihadapkan dengan tugas masang gas. Pasang gas memang menjadi kegiatan challenging bagi banyak orang. Terutama perempuan yang lebih milih mengalihkan tugas ini ke laki-laki yang notabenenya lebih berani. Namun, ngga jarang juga lho perempuan yang bisa pasang gas sendiri. Keterampilan pasang gas sendiri akan sangat dibutuhkan pada kondisi tertentu, salah satunya ketika kamu tinggal sendiri. Jadi, biasakan sekaligus mulai belajar pasang gas sendiri ya.

  2. Mengendarai Kendaraan
    Kemampuan mengendarai kendaraan bisa dibilang menjadi sangat penting namun bisa pulak untuk diabaikan. Pasalnya, buat mahasiswa perantau sekarang ini pasti kebanyakan memilih tempat tinggal atau kos-kosan yang dekat dengan kampus. Sehingga, seluruh aktivitasnya tak jauh-jauh di seputaran kampus. Tak berbeda juga ketika mempunyai kegiatan eksternal luar kampus, maka transportasi umum siap menemani. Melihat zaman sekarang sudah semakin maju, maka transportasi umum seperti Gojek/Grab, Angkot, Bus Trans Metro sangat membantu. Namun, dari segi kesigapan setiap waktu, kendaraan pribadi bisa dipertimbangkan.

  3. Memasang Galon
    Hampir mirip dengan poin pertama masang gas, keterampilan angkat dan masang galon ke dispenser juga menjadi kegiatan yang cukup challenging. Karena, tidak semua orang punya kekuatan mengangkat air galon 19L ke atas disepenser, bahkan sekedar ngangkat galon naik-turun tangga juga kesulitan. Jadi, buat kamu yang tinggal sendiri, sebisa mungkin dikuasai ya.

  4. Mencuci pakaian
    Buat anak kost yang punya mesin cuci bersama full senyum nih. Pasalnya, mencuci pakaian secara manual bukanlah sekadar kucek-kucek dan berharap pakaian bersih maksimal. Dalam mencuci pakaian sendiri, ada rangkaian yang tidak boleh dilewatkan seperti merendam, mencuci, menjemur, menggosok ketika sudah kering, sampai menyusun rapi kembali pakaian ke dalam lemari. Mencuci pakaian juga cukup tricky seperti memisahkan pakaian putih, pakaian yang gampang luntur, hingga pakaian jenis jeans. Makanya, kegiatan mencuci pakaian menjadi basic life skills yang harus kamu kuasai.

  5. Memasak
    Menempatkan memasak di point terakhir, karena kemampuan ini menjadi hal paling krusial. Mau perempuan atau laki-laki, kalau bisa masak sendiri, maka kamu sangat beruntung. Karena, menguasai kemampuan memasak bisa memangkas pengeluaran bulanan. Sesimple masak nasi pun, ada teknik dan cara bagaimana nasi yang dihasilkan pulen dan sesuai takaran. Ditambah kalau kamu bisa masak lauk sehari-hari. Selain bisa mengurangi pengeluaran bulanan, juga kesehatan dan kebersihan makanan lebih terjamin.

Nah, buat kamu yang sekarang lagi tinggal sendiri dan jauh dari orangtua, basic life skills apa nih yang udah kamu kuasai? Mulai sekarang udah boleh dipertimbangkan ya beberapa keterampilan dasar yang berguna buat kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Redaktur: Yessica Irene

Related posts

Pentingnya Budaya “Terima Kasih” dan “Maaf”

redaksi

Kenali Tipe-Tipe Mahasiswa Saat Liburan!

redaksi

Tren Coffee Mocktail, Minuman Kopi Kekinian Incaran Millenial

redaksi