SUARA USU
Uncategorized

Pentingnya Penerapan Strategi Pemasaran Produk Terhadap UMKM (Nokka Cafe)

Oleh: Frans Rochendy / M. Dwinov / M. Fathur / Luthfy Aulia / Renatha Renchiski / Rizqa Nabillah / Ririnpradilla / Sophia Nur eliza

Suara USU, Medan. Strategi produk adalah sebuah rencana usaha dalam rangka menciptakan barang atau jasa dengan tujuan dan target pasar yang jelas serta memasarkannya. Tujuan strategi produk adalah supaya barang atau jasa yang dihadirkan dan dijual oleh perusahaan memiliki visi untuk dicapai serta relevan dengan kebutuhan konsumen. Maka dari itu strategi pemasaran produk merupakan kunci utama bagaimana sebuah produk dari pelaku usaha dapat sampai ke tangan konsumen dengan tepat sehingga terjadi hubungan timbal yang baik antara balik antara pelaku usaha dengan konsumen.

Dari penelitian dan wawancara yang dilakukan dengan salah satu karyawan UMKM dari Nokka Cafe dapat di uraikan strategi pemasaran produk apa yang mereka implementasikan dalam menjalankan usahanya.

  1. Mengusung konsep gen z culture, dimana mereka menerapkan sistem self service yang mengharuskan konsumennya dari mulai memesan hingga melakukan transaksi yang dilakukan secara mandiri.
  2. Konsep interior kekinian dan nyaman yang tentu saja menjadi daya tarik bagi kaum millenial untung datang bukan hanya untuk sekedar nongkrong namun juga cocok dijadikan tempat belajar ataupun WFC.
  3. Tidak hanya fokus terhadap produk minuman seperti kebanyakan coffeshop ataupun cafe pada umumnya. Nokka Cafe juga memperhatikan kualitas dari produk makanan mereka seperti rice bowl, aneka jenis pasta hingga dessert.
  4. Letak tempat usaha yang strategis dimanfaatkan oleh Nokka Cafe untuk sering mengadakan event – event di waktu tertentu seperti live music dan hiburan hiburan millenial lainnya selain itu banyak juga promo promo menarik yang mereka tawarkan agar konsumen loyal terhadap usaha mereka.

Selain tujuan untuk mendapatkan profit dari hasil usaha kegiatan berbisnis juga diharapkan menjadi sarana menjalin hubungan baik terhadap pelanggan sehingga menciptakan loyalitas pelanggan terhadap usaha yang dijalankan salah satunya dengan cara menggunakan strategi yang tepat dalam memasarkan produk. Sehingga kualitas produk dan bagaimana produk tersebut bisa sampai ke tangan konsumen menjadi titik penentu keberhasilan sebuah usaha.

Artikel ini adalah publikasi tugas mata kuliah Marketing Management dengan Dosen Pengampu: Ummi Salamah Sitorus, S.A.B., M.M.

Redaktur: Anna Fauziah Pane


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts sent to your email.

Related posts

Menanam Harapan di Atas Tanah yang Terluka: Kisah Penanaman Pasca bencana di Simangulampe

redaksi

Upaya Pemerintah Dalam Penanganan Pasca Banjir di Kelurahan Beringin Kecamatan Medan Selayang

redaksi

Bahaya Penyalahgunaan Narkoba bagi Generasi Muda Melalui Implementasi Sila Pertama Pancasila

redaksi