SUARA USU
Kuliner

Soto Banjar, Makanan Gurih Khas Kalimantan Selatan

Oleh : Annisa Larasati

SUARA USU, Medan. Soto merupakan makanan khas dari berbagai daerah di Indonesia, namun pernahkah kalian mendengar Soto Banjar? Benar, seperti namanya soto ini berasal dari Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Karena rasanya yang begitu khas, soto Banjar tidak asing lagi ditelinga warga Kalimantan dan menjadi salah satu soto terfavorit warga lokal. Soto ini cocok untuk dilahap saat pagi, siang, maupun juga malam hari.

Banyaknya suku Banjar yang berdomisili di Samarinda membuat Soto Banjar sangat mudah ditemukan. Kuliner soto datang ke Indonesia dibawa oleh orang China. Ada berbagai macam versi penyebutan nama soto. Ada yang menyebut sebagai jao to, shao du, dan zhu du. Ketiga nama ini mengarah kepada satu konsep yang sama, yaitu menggunakan jeroan sebagai bahan dasar makanan.
Hadirnya orang China di di Tanah Banjar, membuat kuliner ini mulai dikenal oleh masyarakat Banjar. Soto yang dibawa oleh orang China kemudian ditiru, dicocokan, dan dimodifikasi agar sesuai dengan lidah orang Indonesia.

Soto Banjar khas karena kuahnya gurih enak. Soto khas Kalimantan Selatan ini memakai telur bebek sebagai pelengkap. Kuahnya gurih dengan aroma sedap rempah. Rasa kuning telur bebek yang gurih masir menambah sedap kaldu soto khas Banjar ini.

Pada umumnya, Soto Banjar dijual mulai 25-40 ribu dengan pelengkap berupa soun, perkedel kentang, taburan bawang putih goreng, hingga perasan jeruk nipis yang membuat soto Banjar ini semakin mantap gurih rasanya. Umumnya soto banjar disajikan dengan ketupat, tetapi juga tersedia nasi putih.

Buat kamu pecinta soto, belum lengkap rasanya kalau belum mencoba Soto Banjar ini. Yuk buruan cobain di resto favorit kamu!

Redaktur : Harsimren Kaur


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Kolang Kaling yang Semakin Terlupakan

redaksi

Mengenal Arem-Arem, Kuliner ‘Gimbap’ Versi Indonesia

redaksi

Dessert Viral: Cookie Bomb Hadir di Medan

redaksi