SUARA USU
Kuliner Life Style

Tren Coffee Mocktail, Minuman Kopi Kekinian Incaran Millenial

Oleh : Muhammad Syawal Akbar dan Tsabitah Syafanaura Kurniawan

Suara USU, Medan. Industri kuliner Indonesia sudah terus berkembang seiring dengan banyaknya aktivitas yang bisa kita lakukan setelah pandemi Covid-19 perlahan turun. Salah satu yang sedang bersinar dan banyak dibincangkan antar sesama penggemar minuman adalah mocktail . Minuman ini awalnya berkembang dari jenis minuman yang sama namun berbeda hanya dalam penggunaan bahan didalamnya yaitu, cocktail . Perbedaan yang paling umum adalah mocktail tidak menggunakan alkohol dalam racikannya. Mocktail adalah campuran dari sari buah, soda, syrup dan liquid flavor lainnya yang memiliki rasa kuat dan menyegarkan.

Jika kalian adalah penggemar minuman bercita rasa kuat, manis dan menyegarkan maka mocktail adalah minuman yang tepat. Cita rasa yang ditawarkan minuman ini adalah rasa manis dari sari buahnya, segar dari soda yang digunakan serta aroma yang kuat dari penggunaan herbal dan buah kering. Cara pembuatannya juga unik, jika kalian melihat para bartender atau barista yang sedang membuat menu mocktail maka kalian akan mendengar suara dentingan es batu dan campuran minuman saling beradu dalam shaker mocktail dengan suara cukup keras. Minuman ini kerap di jumpai di café, restaurant, dan saat ini bahkan menunya menjalar hingga coffeeshop favorit kalian juga. kedai kopi trendiyang kini juga sedang naik daun menjadikan para bartender dan barista banyak ber eksperimen menggunakan bahan dasar kopi yang bercita rasa kuat dan muncul menjadi bahan racikan dalam pembuatan mocktail, bagaimana rasanya? Yuk kita buat sendiri di rumah.

Kalian gak salah lihat, mocktail adalah minuman sederhana yang bisa kalian buat sendiri di rumah loh! Berikut Suara USU akan beri resep minuman mocktail sederhana dengan rasa luar biasa dengan base flavournya adalah kopi. Menarik bukan?? Yuk kita praktekin.

Bahan:
– 100 ml cold brew (cara buatnya gampang, dengan mendiamkan kopi dengan air selama 24 jam di kulkas) lalu saring dan home coldbrew kalian jadi.
– 1 buah jeruk diperas airnya
– 1 sendok makan madu
– 120 ml air soda atau air tonik (disarankan menggunakan soda tanpa campuran rasa lain)
– Es batu secukupnya
– Jeruk kering untuk hiasan-nya (jika tidak ada bisa juga menggunakan buah kering atau lainnya Rempah)

Cara Membuat :
– Siapkan coldbrew kalian
Kemudian siapkan 5 sendok makan air dan campurkan madu hingga larut
– Lalu ambil shaker kalian (bisa menggunakan botol atau wadah tertutup) dan persiapkan perasan jeruk, es dan soda yang sudah disiapkan
– Lalu tuang madu dan terakhir masukkan cold drip atau espresso, lalu kocok semua bahan secara perlahan sekitar 15 detik. Lalu ke dalam gelas saji terbaik kalian (disarankan menggunakan gelas kaca)
– Jangan lupa tambahkan garnishnya ya
– Orange Coffee Mocktail siap meredakan dahagamu siang ini

Semoga semakin menyembuhkannya dengan mocktail ya sobat Suara USU, selamat mencoba!

Redaktur: Yessica Irene


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Sukses Menjadi Mahasiswa Aktif

redaksi

Sup Durian, Olahan Durian yang Menggugah Selera

redaksi

Yuk, Simak Tips Anti Malas Mencuci Pakaian Ala Anak Kost!

redaksi