SUARA USU
Life Style

Tuai Cuan dari Bisnis Sharing Akun Netflix, Dampaknya Bagaimana?

Penulis : Irdiana Syahrabi

Suara USU, Medan. Para penjual akun premium untuk aplikasi hiburan berbayar seperti Netflix masih marak hingga sekarang. Tidak bisa dipungkiri jika hal ini masih seringkali memicu kecurigaan di kalangan para pengguna, terutama soal sah atau tidaknya akun-akun murah yang dijajakan oleh para pihak ketiga ini.

 

Jumlah pelanggan Netflix dilaporkan turun pada awal 2022 ini. Netflix kehilangan 200.000 pelanggan berbayarnya di seluruh dunia, pada tiga bulan pertama 2022.

 

Penjual yang memperdagangkan akun Netflix murah seringkali ditemukan dengan memanfaatkan Paket Premium atau juga dikenal sebagai Family Plan atau sistem langganan keluarga. Dengan begitu, satu akun Netflix bisa digunakan beberapa orang melalui Profile masing-masing. Pembayaran dilakukan dengan satu tagihan saja dan pembeli Profile cukup membayar kepada penjual akun. Sehingga penjual akun bisa menawarkan Profile tersebut kepada pembelinya yang harganya tentu lebih murah daripada berlangganan satu akun untuk sendiri.

 

Netflix sedang menguji fitur baru di Amerika Latin yang dapat menandakan berakhirnya pembagian kata sandi bagi pengguna. Netflix menyarankan pengguna untuk membayar tambahan USD 3 agar seorang pengguna di luar keluarga mereka dapat mengakses akun Netflix mereka.

 

Maksudnya bagaimana? Jadi, jika pengguna telah membayar untuk empat layar dalam paket (biasanya paket standar atau premium), kita seharusnya dapat menggunakan empat layar di mana saja, sama seperti sebelumnya. Bedanya, perubahan ini mempersulit untuk memanfaatkannya lebih dari limit aktual yang kamu bayar.

 

Term of Use adalah salah satu bentuk dari klausula yang telah ditetapkan oleh pemilik platform. Pelanggan yang menikmati fitur Netflix dengan membeli layanannya berarti sudah setuju dengan klausula baku tersebut. Sehingga segala pelanggaran atas Term of Use tersebut bisa dianggap sebagai wanprestasi. Netflix juga menegaskan dalam salah satu ketentuan lainnya pada Nomor 4.3. Jika Netflix merasa dirugikan atas tindakan pelanggan yang juga merupakan penjual akun Netflix murah, maka Netflix juga berhak untuk mengajukan gugatan secara perdata kepada pelanggan yang bersangkutan.

 

Jadi, hindari menjual layanan Netflix tanpa izin. Karena pihak Netflix tidak mengizinkan penggunaan layanan dengan tujuan komersial. Jika layanan Netflix pada akun pelanggan dihentikan atau dibatasi, maka pembeli Profile pada akun tersebut juga rugi. Pembeli bisa menuntut kerugian tersebut kepada penjual akun Netflix yang bersangkutan.

Redaktur : Lita Amalia


Discover more from SUARA USU

Subscribe to get the latest posts to your email.

Related posts

Peluang dan Tantangan dalam Meningkatkan Kesadaran Nasionalisme Mahasiswa Melalui Pendidikan Kewarganegaraan

redaksi

Rekomendasi Kopi Untuk Teman Kamu Begadang!

redaksi

Budaya Thrifting yang Semakin Populer

redaksi